Cuci Semua Baju Bayi Sebelum Digunakan

Cucian Baju Bayi

 

Di tengah kesibukan saya yang masih juga masuk kerja sampai usia kehamilan 38 minggu ini, persiapan menyambut dedek bayi tetep harus dilakukan. Masa belanja-belanja kayaknya sudah selesai, tinggal beberes saja, sehingga nanti tinggal digunakan saja saat si dedek lahir.

Baju-baju bayi yang baru dibeli, tentu saja harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Soal sabun yang dipakai, saya nggak repot harus membedakan dengan sabun cuci baju-baju saya dan suami. Hanya saja memang pada saat mencuci, saya pisahkan sendiri. Untuk pertama kali, sebagian besar saya cuci menggunakan tangan setelah direndam beberapa saat. Tetapi sebagian lagi memang saya cuci menggunakan mesin cuci Samsung satu tabung bukaan atas karena ukurannya yang besar, seperti handuk bayi dan bedong bayi.

Khusus mencuci baju bayi yang masih baru, detergen yang saya pakai takarannya cukup sedikit saja, karena memang kotoran yang harus dihilangkan hanya zat-zat sisa produksi baju yang masih menempel saja. Plus, debu yang mungkin menempel pada saat baju bayi tersebut didistribusikan dari pabrik dan disimpan di toko perlengkapan bayi. Rendam 15 menit, kucek dengan tangan, dan bilas hingga bersih. Kalau perlu memang sampai 3 kali, sampai tidak ada busa yang tersisa.

Nyuci Baju Bayi

Gambar di atas adalah saat saya mencuci clodi. Berdasarkan aturan penggunaan yang terlampir di kemasan clodi pada saat membeli, sebelum dipakai clodi sebaiknya dicuci dua hingga tiga kali terlebih dahulu, supaya daya serapnya bagus. Pencucian sangat disarankan menghindari menggunakan detergen yang mengandung bahan pemutih, pelembut dan pewangi. Hindari perendaman clodi terlalu lama (saya bahkan tidak merendamnya), dan setelah kering tidak perlu disetrika.

Karena tempat jemuran baju saya ada di dalam rumah (di lantai dua, di teras yang hanya kena angin saja), maka clodi saya keringkan dengan mesin cuci terlebih dahulu. Nggak ada sinar matahari-pun nggak ada masalah sebenarnya, karena dalam satu malam saja clodi sudah kering keesokan harinya. Tetapi, mengeringkan clodi dengan pengering mesin cuci memang tidak dianjurkan karena konon bisa membuat keawetan dari clodi menurun kualitasnya. Tapi, ya mau gimana lagi?

Related Post

Tulisan ini sudah 31,693 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,286 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>