Cerita Memasak Mudah Pakai Slow Cooker

Momentnya kayak pas banget nih, mau puasa, persiapan buat masak yang praktis tapi enak. Dan saya nyesel banget, kenapa baru ngeluarin lagi si slow cooker, setelah tahunan nggak dipakai. Duh, kenapa selama ini cuma dipakai buat MPASI aja sih?

Awalnya minggu lalu saya nyari resep-resep praktis buat dicobain. Bukan semata buat persiapan puasa sih, soalnya selama ini kalau sahur juga udah biasa beli di warung langganan, tapi nyari resep emang buat masak sendiri aja. Pengen mulai masak lagi, utamanya lauk pauk, sayurannya sementara masih niat beli mateng aja.

Trus, pas beberes, lihat ada slow cooker nganggur, yang selama ini dipakai buat bikin bubur. Ish, sayang banget sih, pikir saya, kenapa nggak dipakai aja? Tapi buat apa? Masak buat bikin bubur mulu? Sarapan bubur itu kan bosen juga kalau tiap hari. 

Akhirnya seharian saya nonton video aja di Youtube, masak-masak pakai slow cooker. Ayam sama daging sapi aja sih yang utama saya cari, karena memang kedua bahan itu yang kepikiran buat dimasak sementara ini. Nanti kalau udah lebih master lagi, mau praktek bikin bola-bola daging atau yang lain. 

Ternyata, buanyaakk bener ya resep yang bisa dicobain pakai slow cooker. Asyik bener seharian browsing di Youtube, jadi lebih pede buat masakin lauk Diana makan.

Di luar negeri, slow cooker ini jadi andalan juga kayaknya. Dan rata-rata bilang masakannya enak, karena dimasak perlahan, jadi kandungan gizinya nggak hilang.

Okelah, percobaan pertama, masak ayam lah. Tapi bumbunya cuma punya bawang putih doang. Punya sih bawang merah di rumah, tapi karena bawang merah lagi mahal, bawangnya seupil-upil, saya males ngupasnya. Hahaha.

Jadi untuk setengah ayam (dipotong kecil-kecil seperti untuk sop) saya pakai 4 butir bawang putih doang sebagai bumbunya. Iris bawang putih dan tumis sebentar sampai layu. Ayam direbus sekitar dua menit di air mendidih, lalu buang airnya.

Masukin tumisan bawang di dasar slow cooker, tambah garam dan sedikit bumbu penyedap siap pakai (dikiiit aja) masukkan ayam yang sudah disaring dibuang air rebusannya. Tutup slow cooker dan masak kurang lebih 2 jam.

Hasilnya, wow. Diana cemilin itu ayam, katanya enak banget. Padahal bumbunya bawang putih thok!

Kebayang kalau masaknya ayam kampung. Tapi harusnya pakai slow cooker yang ukuran besar. Punya saya cuma yang seupil, 0,7 L buat masak ayam setengah doang udah penuh.

 Masak Daging Pakai Slow Cooker

Percobaan kedua, malam ini, saya coba masak daging. Beli daging potongan di CF yang buat rendang sebanyak 280g, dan sebungkus bumbu teriyaki sachetan. Sampai rumah saya cuci bersih daging, tambah setengah bongkol bawang bombay ukuran besar, tata di slow cooker, masukin itu satu bungkus saus teriyaki sachetan. Saya tambah tadi sedikit merica bubuk. Nggak usah pakai air ya, nanti keluar sendiri kaldunya. Nggak saya tambahin bumbu apa-apa lagi.  Tutup, masak 5 jam. 

Iseng saya intip pas 4 jam, saya cowel, dagingnya udah empuk, baunya harum, dan rasanya yummy. Kalau biasa masak agak asin sih boleh ditambah garam, tapi tadi saya coba sih udah pas di lidah saya.

Wow, mejik!

Daging dan kuahnya beneran harum. Empuukk!

Kebayang itu emak-emak yang masak pakai bumbu betulan (halah) pasti super duper lezat masakannya!

Kalau udah begini, bakalan saya abuse deh itu si slow cooker buat bikin lauk super gampil tapi lezat. Malam sebelum tidur cemplung-cemplung semua bahan, tinggal tidur, pagi bangun udah mateng deh tuh lauk super lezatos.

Kemaren saya sempet mampir ke swalayan dan beli bumbu bacem sachet keluaran pabrikan kecap yang terkenal, besok rencananya pengen bikin ayam bacem pakai slow cooker. Setelah saya pikir-pikir, karena kami keluarga kecil dengan hanya satu anak balita yang makannya juga nggak banyak, ukuran slow cooker yang hanya 0.7L ini juga pas sih, kalau buat masak lauk. Soalnya kalau lauk nggak habis juga palingan dibuang, pada nggak suka makan berkali-kali dengan lauk yang sama soalnya.

Yang jadi masalah adalah itu lauk semua harus dibuat tanpa cabeee.. Hiks. Rasanya ada yang kurang dengan masakannya. Yang baca tulisan ini bisa protes, kan tinggal bikin sambel. Tinggal bikin? Bikin sambel itu ribet nyah, nggak selesai 15 menit. Jadi cocol saus aja sementara. Atau nanti ada ide sih, nempil (apa Bahasa Indonesianya nempil ya?) di tukang jualan rica-rica, trus simpen di kulkas buat seminggu. Hehehe.

Intinya, seneng akhirnya bisa masak ayam dan daging tanpa ribet, tapi tetep rasanya enak. Ntar kalau lagi rajin, saya bagi resepnya ya. 🙂

Tulisan ini sudah 1,982 kali dibaca

One thought on “Cerita Memasak Mudah Pakai Slow Cooker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *