Bikin Printable Belajar Waktu (Jam) Untuk Anak

Saya kangen bikin printable. Udah lumayan lama saya nggak bebikinan begini lagi. Stok printable yang saya buat beberapa bulan lalu juga masih banyak sih, yang belum kepake. Tapi berhubung sesiangan tadi magabut nggak ada yang bisa dikerjain dan males online baca-baca berita apalagai sosmed-an, makanya saya cari kesibukan yang lain aja: bikin mainan anak!

Continue reading “Bikin Printable Belajar Waktu (Jam) Untuk Anak”

Bermain Hari Ini: Mewarnai Gambar

Diana lumayan suka mewarnai gambar, tetapi ada yang harus saya evaluasi sepertinya. Dalam menyiapkan gambar-gambar yang hendak diwarnai Diana, saya biasanya menyiapkan sekaligus banyak. Bisa 2o hingga 40 lembar sekali print. Jadinya, Diana nggak fokus ketika mengerjakan worksheet tersebut. Kadangkala hanya diwarnai 10%, sudah pingin pindah ke gambar yang lainnya.

Tapi tetep ada sisi positifnya saya cetak lembaran mewarnai sekaligus banyak. Seringkali, teman-temannya bermain ke rumah. Ada tiga hingga empat orang sekaligus. Kalau sudah begitu, saya sering sodorkan lembaran-lembaran tersebut kepada mereka, dan masing-masing bisa mewarnai tanpa harus berebut satu sama lain. Malah, mereka bisa memilih gambar favoritnya sendiri-sendiri.

Kegiatan yang lumayan menyenangkan kalau bisa bermain bersama teman-temannya dengan tenang di rumah. Saya pikir, sudah mirip dengan sekolah di sekolah resmi.  Continue reading “Bermain Hari Ini: Mewarnai Gambar”

5 Tip Agar Anak Nggak Terlambat Sekolah

Siapa yang dulu kalau sekolah suka telat? Saya sih nggak telat, tapi dateng mepet bel bunyi, dan berangkat suka grasa-grusu karena emang lelet ngerjain rutinitas pagi. Oya, satu lagi: bangunnya siang. Hahaha.

Nah, yang kayak gitu kan sebaiknya nggak kejadian lagi ya di anak nantinya. Tapi saya agak pesimis, kondisi pagi di rumah saya kok ya dalam bayangan aja udah chaos. Duh.

Mengatur Waktu

Continue reading “5 Tip Agar Anak Nggak Terlambat Sekolah”