Buku Dongeng Sepanjang Masa Anneke Puteri

Seneng kemaren beli buku Dongeng Sepanjang Masa yang ditulis oleh Anneke Puteri di Pusat Buku Blok M Square. Seneng yang pertama, karena bisa dapetin harganya murah meriah, hanya 35.000,- saja, padahal di Instagram yang jual berkisar dari 75.000,- hingga sesuai banderol, 105.000,- Lumayan banget, kan? Seneng yang kedua, karena isinya bagus.

Saya yang udah lama nggak baca dongeng, jadi berasa nostalgia juga membaca cerita seperti Timun Mas, Malin Deman dan Bangau Yang Licik. Selain nostalgia, saya juga bisa membaca beberapa dongeng yang saya belum pernah baca. Keren!

Meskipun ada cerita yang sudah pernah saya baca puluhan tahun lalu, tetapi Anneke Puteri menuliskannya kembali dengan sedikit berbeda. Ada hikmah yang bisa didapat dari cerita tersebut dan dituliskannya pula behind the scene kenapa beliau memilih cerita tersebut dimasukkan ke dalam buku, dan bukannya cerita yang lainnya.

Favorit saya adalah Kisah Sepasang Sandal dan Pohon Bambu yang Suka Berbagi. Yang saya nggak suka adalah Anak Presiden dan Kebun Jagung. Karena faktor ‘kekinian‘ ceritanya, jadi feel Dongeng Sepanjang Masa-nya jadi nggak dapet. Kalau dibuat setting Raja mungkin malah agak ‘masuk‘, hahaha.

Ah, saya harus lebih banyak lagi baca cerita-cerita seperti ini. Next, saya akan nyari buku-buku fabel, cerita binatang, karena Diana memang setiap malam selalu minta didongengkan sebelum tidur.

Selama ini saya hanya mengarang bebas aja. Dan saya sendiri merasa cerita karangan saya masih kurang variatif. Kayaknya itu-itu aja, kebanyakan dari cerita Pada Zaman Dahulu buatan Malaysia, HAHAHAHAHA. Dongengnya kayaknya dongeng milik kita yah, cuma dibikin ulang sama mereka.

Nah, setelah baca buku Dongeng Sepanjang Masa ini, saya jadi nambah pengetahuan, bagaimana mendongeng yang lebih baik. Apalagi, dalam buku ini diberikan bonus tip-tip mendongeng oleh Anneke Puteri. Di masing-masing judul juga diberi note, seperti persiapan apa yang harus dilakukan sebelum mendongeng, dan di bagian mana pendongeng bisa mengajukan pertanyaan kepada audiences.

Salah satu tip yang belum saya lakukan adalah mendongeng dengan ekspresif. Lha saya mendongengnya sebelum tidur dalam keadaan lampu kamar sudah dimatikan, dan harapannya anak segera tidur, bukannya diskusi setelah cerita habis, jadi ya… HAHAHAHA.

Buku ini recommended buat dibaca oleh Ibu BapakĀ untuk bahan mendongeng kepada anak-anaknya. Saya sukak!

~~~

Dongeng Sepanjang Masa, penulis Anneke Puteri, ilustrasi Agus Willy, penerbit Al-Kautsar Kids, ISBN 978-602-1694-20-6, Cetakan pertama Februari 2015, 139 halaman full color, hard cover.

Tulisan saya tentang buku-buku Diana yang lain bisa dibaca di kategori Buku Diana ya.

Tulisan ini sudah 36,709 kali dibaca

One thought on “Buku Dongeng Sepanjang Masa Anneke Puteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *