Bubur Kacang Hijau Dengan Slow Cooker

Sebelum digunakan sesuai dengan fungsinya, memasak makanan pendamping ASI buat dedek Diana, sementara ini slow cooker saya pakai dulu buat bikin sarapan suami. Berhasil memasak bubur dua hari berturut-turut, kali ini saya coba resep yang lain lagi: bubur kacang hijau. Dan berhasil.

Bubur Kacang Hijau

Tanpa harus ribet merendam kacang hijau dulu semalaman, karena cukup dicuci dengan air bersih saja. Slow cooker saya merek Takahi dengan ukuran 0,7 liter. Percobaan pertama saya gunakan kacang hijau sebanyak 4 sendok makan. Saya cuci bersih, kemudian ditambah air hingga 2 cm dari bibir pot. Kemudian ditancapkan ke listrik dan 5 jam kemudian saya matikan. Saya sengaja memasaknya sore hari, sehingga malam bisa saya matikan. Memasak kacang hijau dengan slow cooker selama 5 jam, kacang hijaunya sudah empuk sempurna.

Karena santan tidak bisa dimasak di slow cooker, maka hanya kacang hijau dan air saja yang saya masak dengan slow cooker. Untuk gula merah dan santannya saya masak dengan kompor gas di pagi hari. Setelah mendidih, baru digabung menjadi satu, masukkan kacang hijau yang sudah direbus semalam ke dalam air gula merah dan santan yang sudah mendidih tadi.

Dengan ukuran 4 sendok makan kacang hijau, suami masih protes, karena jam 10 sudah lapar lagi. Berarti porsinya kurang. Keesokan harinya, saya kembali memasak bubur kacang hijau, dengan jumlah 5 sendok makan munjung. Setelah diberi kuah gula merah dan santan, bubur kacang hijau tersebut saya masukkan ke dalam wadah Tupperware ukuran 600 ml dan penuh! Kenyang deh sarapan pagi suami.

Diana Nunggu Bubur Kacang Hijau

Diana Nunggu Bubur Kacang Hijau

Malam ini saya percobaan lagi. Memasak 5 sendok kacang hijau dengan air sampai batas 2 cm dari bibir pot, tapi hanya ditancepin listrik selama 3 jam. Saya buka tutupnya dan saya lihat kacang hijaunya sudah pada meletus, tapi berhubung ini jam 2 pagi dan saya malas icip-icip makanan panas, ya sudah ya, kapan-kapan saya bagi lagi ceritanya. Entah dalam waktu 3 jam ini sudah empuk belum kacangnya, meski dilihat secara sekilas, kacang hijaunya sudah terlihat mekar.

Mulai besok pagi saya akan ikutan makan bubur kacang hijaunya. Supaya asi saya lancar karena makanannya sehat bergizi.

Beneran deh, ternyata punya slow cooker ini ada gunanya juga buat pemalas seperti saya. Bisa masak sarapan sehat tanpa repot banget. Saya lebih suka bikin bubur kacang hijau sekarang dibandingkan harus masak nasi goreng. 😆

Tulisan ini sudah 17,255 kali dibaca

4 comments on “Bubur Kacang Hijau Dengan Slow Cooker

  1. bubur kacang hijau bikin cepet laper kl buat sy 🙂

  2. isnuansa on said:

    Horeee! Ternyata 3 jam sudah cukup untuk masak bubur kacang hijau dengan slow cooker!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,580 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>