Bikin Printable Belajar Waktu (Jam) Untuk Anak

Saya kangen bikin printable. Udah lumayan lama saya nggak bebikinan begini lagi. Stok printable yang saya buat beberapa bulan lalu juga masih banyak sih, yang belum kepake. Tapi berhubung sesiangan tadi magabut nggak ada yang bisa dikerjain dan males online baca-baca berita apalagai sosmed-an, makanya saya cari kesibukan yang lain aja: bikin mainan anak!

Nggak pakek lama, pilihan langsung jatuh pada bikin printable belajar waktu atau jam. Membaca jam analog secara sederhana sih Diana udah bisa. Ngajarinnya lumayan gampang, anak diminta lihat yang jarum pendeknya saja. Diana udah bisa kalau cuma baca sekarang jam 2 atau sekarang jam 10. Tetapi lebihnya dalam menit dia belom bisa. Jadi palingan Diana akan jawab, sekarang jam 5 lewat, Ma. Gitu.

Nah, printable yang ini tadi lengkap, mulai belajar jam yang pas, sampai yang lewat sekian menit. Caranya juga mudah, nanti diminta mencocokkan gambar jam analog dengan tulisan jam digitalnya. Entahlah kapan Diana siap belajar soal waktu atau jam ini. Lihat nanti ajalah ya. πŸ˜† πŸ˜†

Kalau cara bikin printable-nya sih standar ya, seperti biasanya. Saya nyari printable-nya dari blog Royalbaloo ya, bisa diubek-ubek di sanalah kalau ada temen-temen yang pengen bikin mainan buat belajar anak. Lengkap dan yang pasti gratis.

Yang bikin tangan agak keriting sih sebenernya bagian mengguntingnya aja, karena saya seringnya dua kali gunting. Bisa saja sih, kertas lembaran yang ada di foto pertama di atas itu langsung di-laminating, tapi nanti pas digunting, plastiknya di bagian pinggir jadi nggak kekunci.

Akibatnya, printable tetep bisa kebasahan pas dimainkan sama anak. Tingkat keawetannya jadi lebih rendah. Namanya juga anak-anak kan, belajar dan bermain sambil kadang-kadang ya gitulah. HAHAHAHAHA.

Jadi setelah saya print, saya gunting satu per satu lagi jadi kotak kecil. Trus baru di-laminating, Β setelah itu digunting lagi. Kalau udah selesai, rasanya puas.

Nggak cuma printable kayak gini lho, yang bisa buat mainan sama anak sambil belajar. Teman-teman bisa baca tulisan saya tentang 101 lembar belajar buat anak juga. Selamat bermain bersama anak, ya. πŸ˜‰

Tulisan ini sudah 12,156 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *