Bermain Puzzle Sambil Belajar Angka

Udah tahu kan ya, kalau belakangan ini saya suka bikin-bikin sendiri mainan buat Diana? Kesibukan saya banyak beralih ke sana, dan makin sedikit yang saya alokasikan buat ngeblog. Bukannya nggak ngeblog lagi ya, sedikit banyak masih ngikutin, tapi udah dari jauh aja. Nggak papa ketinggalan informasi sesekali, soalnya masih belajar soal anak pra-sekolah buat ngajarin Diana. Konsepnya main-main, jadi ya nggak ada target harus bisa ini harus bisa itu. Saya mulai ngenalin dulu aja.

Salah satu yang saya buat minggu ini adalah puzzle dengan angka berurutan. Diana emang lagi seneng sama puzzle. Kalau puzzle yang sederhana, dia udah bisa main sendiri. Sekarang malah mintanya puzzle yang kepingannya lebih dari 100, tapi masih minta dibantuin sih, mainnya. Mama dan bapaknya iyain aja, bantuin, walaupun sebenernya kami lebih sering diam dan membiarkan Diana yang banyak berpengaruh dalam menyusun puzzle-nya.

Yang 100 keping puzzle ini masih belum pernah divideoin, karena pasti lama nyusunnya lebih dari setengah jam sekali main, jadi saya juga males ngerekamnya. Hahaha. Lagian udah pernah bikin video Diana menyelesaikan puzzle yang baru pertama kali dilihatnya. Kalau mau ngintip, ke sini ya.

Nah, yang ini, pasti Diana gampil banget nyelesaiinnya. Cuma 10 keping doang. Tapi yang saya harapkan sih, Diana jadi ngerti angkanya. Soalnya diajarin dengan beberapa cara, Diana masih agak kesulitan ya, mudah-mudahan sih nanti Diana suka main puzzle sambil belajar angka ini. (Iya, ini saya nulis blogpost-nya sebelum ngasih ini mainan buat Diana)

Bermaain Puzzle Angka

Puzzle ANgka Printables

Sengaja saya pilih tema peri dan princess, biasanya anak cewek seneng yang beginian. Meskipun mobil-mobilan dan robot Diana juga suka, tapi belum nemu yang ngasih gratisan printable-nya. Printable yang peri saya dapet dari 1+1+1=1 dan printable yang princess saya dapat dari Gift Of Curiosity. Link-nya lupa karena udah lama downloadnya, hehehe. Hari ini karena internet super duper lemot, saya mau online aja susahnya mintak ampun, jadi kesempatan nge-print dan nge-laminating aja deh.

Puzzle siap dimainkan

Kalau udah di-laminating, digunting sesuai dengan garis yang ada. Satu puzzle terdiri dari 10 angka. Saya pilih angka 1-10 untuk puzzle peri, dan angka 11-20 untuk puzzle princess. Semoga anak nanti suka mainnya, dan nggak cuma dipegang sekali dua kali doang. Biar ngerti angka yang berurutan dari 1-10 dan 11-20.

puzzle saat dimainkan

Ini mamanya yang mengurutkan ya, bukan Diana. Kira-kira begitu deh kalau sudah dimainkan sama anak. Hihihi, udah nggak sabar buat ngasih mainan ini ke Diana. Biasanya saya kasih satu per satu ya, meskipun saya punya dua set. Karena kalau dikasih dua set langsung, kadang belum selesai yang satu, udah pengen ganti ngerjain yang satunya lagi, dan ujung-ujungnya malah nggak selesai dua-duanya.

Cara Penyimpanan Puzzle

Nah, jangan lupa, kalau udah selesai mainnya, disimpan lagi ya. Bisa digunakan berkali-kali karena mainan ini awet banget. Saya suka banget dengan printable-printable saya yang udah di-laminating, bisa dimainkan puluhan kali tanpa rusak.

Di tulisan selanjutnya nanti saya cerita soal materi-materi belajar Diana yang murah meriah dan bisa digunakan berulang-ulang ya. Jangan terlewat. 😉

Tulisan ini sudah 1,212 kali dibaca

5 thoughts on “Bermain Puzzle Sambil Belajar Angka

  1. Mau nyoba ini.. Pas bgt anak cewe jugaa mba, seneng sama princess, istanaa:))
    Klo dikluarin smua puzzlenya, pasti ngga konsen, ngacak2. Kaya nyobain makanan, smua dipengenin. . Bocil ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *