Bermain Es Menyelamatkan Hewan Terperangkap

Diana suka sekali bermain es. Meskipun permainan ini sudah berkali-kali dibuatin, nggak ada bosen-bosennya. Penyelamat banget kalau mamanya lagi nggak ada ide buat bermain. Tinggal masukin mainan di dalam baki, tuang air dan masukin freezer, beberapa jam ke depan udah bisa langsung dimainkan. Nggak perlu nunggu lama dan nggak perlu ketrampilan khusus. Hahaha.

Setelah jadi esnya, saya biasanya siapkan beberapa cairan warna-warni yang terbuat dari air yang ditambahkan dengan pewarna makanan. Selain itu juga saya berikan garam dapur untuk ditaburkan di atas balok es. Taburan garam di atas bongkahan es akan dapat mencairkan lebih mudah daripada bila dilakukan dengan air saja.

Diana suka mengamati mencairnya es menjadi air yang berwarna-warni. Pada akhirnya, semua es akan mencair, dan hewan-hewan dapat diselamatkan. Yeay!

Menyelamatkan hewan yang terperangkap di es.

Kategori Umur:
1-6 Tahun

Kategori Kecerdasan Majemuk:
Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Logika Matematik

Tujuan Pencapaian:

  • Mengetahui proses perubahan air (mencair dan membeku).
  • Mengenali fenomena alam terkait perubahan bentuk air.

Alat dan Bahan:

  • Nampan plastik.
  • Air.
  • Mainan-mainan kecil.
  • Garam.
  • Air berwarna-warni.

Cara Membuat:

  • Masukkan air kedalam plastik beserta mainan-mainan/ benda-benda kecil.
  • Bekukan dalam lemari es.

Menuang air di atas balok es.

Es itu dingin.

Ditambah garam dapur.

Cara Bermain:

  • Minta Si Kecil untuk memasukkan mainannya ke dalam plastik berisi air, kemudian masukkan ke dalam lemari es.
  • Setelah air berubah menjadi es, keluarkan dan minta Si Kecil untuk mengobservasi perubahan apa yang terjadi.
  • Jelaskan pada Si Kecil perubahan apa yang terjadi dan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
  • Setelah itu, minta Si Kecil mengeluarkan benda-benda yang terperangkap dalam es dengan menaburkan garam dan menuangkan air berwarna-warni.
  • Ketika Si Kecil merasa kesulitan, minta dia untuk sabar menunggu hingga es mulai mencair. Tambahkan taburan garam ke atas es, setelah air yang mencair dibuang.
  • Kemudian jelaskan kembali mengapa es tersebut dapat mencair.

Evaluasi:

  • Diana sudah mengerti, jika air dimasukkan ke dalam freezer, maka akan menjadi es.
  • Dan es batu yang keras akan kembali mencair jika dituang air.

Bermain Hoki Es

Selain menyelamatkan hewan yang terperangkap di dalam es, Diana juga suka bermain hoki es. Kalau yang ini, mainnya berdua sama mama. Lumayan asyik kalau mainan ini.

Ide-ide permainan bersama anak yang lain bisa teman-teman dapatkan di Morinaga MI Play Plan yaaa.

Tulisan ini sudah 2,440 kali dibaca

4 thoughts on “Bermain Es Menyelamatkan Hewan Terperangkap

  1. Wih, keren, Mak. Si bungsuku sih udah tau kalo air dimasukin freezer bakal jadi es batu soalnya udah sering ngliat aku ngisi cetakan es batu itu dan sambil ngisi sambil aku jelasin, tapi nggak kepikiran buat dibikin kreatif kayak gini ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *