Beli Buku Anak Preloved Via Instagram

Buku Anak Preloved

Buku itu jendela ilmu. Kalau pengen dapetin banyak ilmu, ya bacalah buku. Bukan begitu? Tapi eh, tapi, kenapa buku itu harganya masih mahal-mahal ya, buat kantong saya? Ya sebenernya enggak juga sih. Tapi kan pengennya baca banyak buku ya, bukan satu atau dua aja. Jadi…

Ayoklah kita ngomongin lebih spesifik ke buku anak. Dulu waktu masih anak-anak saya banyak baca buku di perpustakaan atau pinjem di penyewaan buku. Sekarang ini pengen beliin banyak buku buat Diana, supaya nantinya bisa baca banyak buku sendiri di rumah.

Dan sekarang ini saya seneng banget karena ada Instagram. Karena bisa dapetin buku anak preloved dengan harga yang jauh lebih murah daripada harus beli buku baru di toko. Meskipun second atau bekas, buku-bukunya masih banyak kok yang bagus-bagus. 

Saya ngerti sih, soalnya pasti ada saja yang nggak suka menumpuk-numpuk banyak barang di rumahnya, apalagi kalau belum punya rak khusus buku yang kayak perpustakaan ituh.

Jadi ya solusinya bisa model one in one out gitu kan. Kalau beli buku baru, ada sebagian yang di-preloved biar rumahnya nggak penuh-penuh amat. *teori sotoy*

Buku bekas anak

Di Instagram-lah semua buku anak preloved itu mudah ditemukan. Ya nggak mudah-mudah amat sih, karena butuh waktu juga buat sekrol-sekrol timeline sampai ketemu gambar yang pas di hati. *halah* Kayak gini nih cara saya nemuin buku anak preloved ituh:

Buka Instagram di komputer 

Lebih enak bergerilya dari satu hashtag ke hashtag yang lainnya dan bisa dibuka di newtab untuk dilihat-lihat nanti. Kebiasaan di Instagram itu kan satu foto dikasih ratusan puluhan hashtag kan ya? Jadi misalnya saya cari #bukuanakpreloved, trus klik satu foto yang menarik, saya bisa temukan hashtag yang belum terpikirkan sebelumnya, misalnya #bukubalitabekas.

Kalau misalnya saya buka di aplikasi, mau nggak mau kalau saya penasaran akan klik hashtag baru kan? Dan hashtag lama pun akan ditinggalkan dan dilupakan. Nah, kelebihan buka di komputer adalah dengan mudah bisa di-klik kanan dan dilihat-lihat nanti kalau udah selesai urusan di hashtag yang lama.

Pakai hashtag yang lebih spesifik

Yang ini mah udah jelas ya. Daripada nyari #mainananaksecond ya lebih cepet nemu kalau hashtag-nya dibuat khusus, misalnya #mainanELCpreloved. Buku juga gitu. Kalau cuma mau nyari-nyari yang umum sih boleh juga #bukuanakimportbekas, tapi kalau nyari khusus #WWPbekas atau #HaloBalitaSecond kan lebih spesifik dan nggak pusing milihnya.

Nggak suka Instagram yang digembok

Jarang banget saya penasaran dengan isi akun yang digembok. Biasanya yang iklanin pemiliknya pakai akun pribadi, ntar diarahinnya ke akun jualan, tapi digembok. Nggak deh, Sist. Makasih. Saya cari yang udah jelas semua tertera di caption. Ada harganya juga dicantumin, jadi saya nggak perlu repot-repot buat whatsapp cuma buat tanya harga.

Ntar ujung-ujungnya kan nggak enak kalau nggak jadi beli. Penjualpun bisa merasa baper di-PHP, padahal ya kita tanya kan belum tentu punya budget seharga barang yang kita penginin buat beli. Wahahahaha.

Kalau semua udah tertera di caption kan sebagai calon pembeli kita juga bisa bandingkan harga di beberapa onlineshop. Kalau emang udah siap dan cukup dananya buat beli, baru kontak. Sama-sama enak, kan?

Buku anak second

Cari onlineshop yang kasih video

Penting nih buat yang mau beli buku second. Karena kadang tertulis di caption bahwa buku ada defect. Ada sebagian yang merinci defect-nya apa, ada sebagian lagi yang meminta detail silakan whatsapp. Lagi-lagi harus komunikasi dulu.

Nah, kalau ada videonya, kan enak, tinggal lihat langsung di video. Kalau ada halaman yang sobek, kita bisa lihat kira-kira sobeknya mengganggu apa enggak. Kalau ada bagian yang dicoret-coret, kita masih bisa terima kondisinya apa enggak.

Tapi kalau dari foto aja udah terlihat bukunya mulus, trus yang ambil foto juga profesional, dengan background yang meyakinkan, nggak ada salahnya sih langsung beli aja. Soalnya buku anak preloved ini laris manis, cyint. Kadang baru ditinggal sebentar aja, balik lagi udah ada tambahan caption SOLD di bagian atas. Hih.

Oiya, buku yang gambarnya ada di tulisan ini, hasil saya beli preloved juga lho di Instagram. Harganya cuma lima belas ribu perak adjah. Hard cover dengan tebal 237 halaman full color, dan kondisinya masih sangat layak baca. LOVE!

Hari ini juga baru selesai bayar dua buah buku yang totalnya cuma 50K aja, tapi belom sampai ke tangan saya.

Gimana? Ada yang punya pengalaman juga belanja buku bekas di Instagram? Cerita, yuk! 😉

Tulisan ini sudah 750 kali dibaca

2 thoughts on “Beli Buku Anak Preloved Via Instagram

  1. setuju…
    tp kl buku belum pernah beli preloved sih.
    cuma kalau ada butuh yg mana prelovednya aja masih bagus dan sesuai budget akan dibeli juga barang2 preloved (tentu saja sama, males buka akun yg digembok dan hrs WA hanya sekedar tanya harga, dan kalau nggak jadi beli krn kemahalan malah di block)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *