Belanja Kebutuhan Bayi Baru Lahir [Bagian 1]

Yeay, sudah memasuki bulan ke-7 kehamilan yang kedua ini, persiapan belanja kebutuhan bayi baru lahir sudah mulai agak banyak. Saya nggak bebelian mulai bulan ke-7 sih, bahkan ada yang bulan ke-3 aja sudah saya beli seperti handuk bayi, tetapi yang beneran belanja dalam jumlah banyak sekali jalan ya baru kemarin ini.

Belanja kebutuhan untuk bayi baru lahir ini sebagian ada yang saya lakukan secara online, sebagian lagi saya beli offline. Yang belanja offline pertama kali ini saya belinya di Mae Bebe Bintaro, hasil dari baca-baca review bahwa harganya lumayan murah, kebetulan jaraknya juga dekat dari rumah, ya sudah, cuzz saja.

Apa saja yang sudah berhasil saya dapatkan dari perburuan kebutuhan bayi baru lahir kemarin? Ini dia:

Perlak Bayi

Perlak bayi merek Crown ini saya beli online di Tokopedia, harganya Rp. 70.000,- pada bulan April 2019. Perlak bayi ini tetep perlu banget ya, supaya kasur nggak langsung kena ompol kalau bayinya pipis. Juga kalau mau ganti baju setelah mandi.

Saya baru beli satu buah aja, sepertinya tidak akan beli yang untuk jalan-jalan, karena pengalaman sewaktu Diana dulu juga saya hanya punya satu perlak saja dan itu sudah cukup.

Sisir dan sikat rambut bayi

Saya pernah baca blog mama-mama lain yang menyebutkan salah satu benda yang tidak terpakai untuk bayi adalah sisir dan sikat rambut bayi, tetapi berdasarkan pengalaman saya membesarkan Diana dulu, benda ini terpakai, jadi saya membeli barang ini.

Saya beli di Lotte Mart Ratu Plaza pas kebetulan jalan ke sana bulan Juni 2019 seharga Rp. 69.000,- sepasang (sisir dan sikat rambut bayi) merek Disney Baby. Dulu sikat rambut Diana merek Pigeon kalau nggak salah ingat, dan awet banget.

Termometer

Saya beli yang merek Little Giant Flexible Digital Thermometer. Harganya Rp. 64.000,- dan bisa digunakan di 3 tempat, ketiak, mulut dan anus. Merek Omron lebih murah, tetapi karena termometer ini menampilkan hasil yang lebih cepat, saya pilih yang merek ini.

Bedong Bayi

Bedong bayi saya pilih yang merek Velvet. Sayang motifnya pas saya belanja lagi nggak ada yang bagus di mata saya. Hiks. Isi 3 biji per pak harganya Rp. 104.000,- dan saya hanya angkut 1 saja. Kenapa? Ada bedong lungsurannya Diana dulu ketemu 3 biji dan sudah saya cuci. Juga masih ada kain jarik yang bisa saya pakai juga buat gonta-ganti bedong bayi.

Karena rencana saya pakai pospak sementara waktu di 1 hingga 2 bulan pertama, makanya bedong nggak terlalu perlu banyak-banyaklah, nggak bakal terlalu sering juga kena ompol. Ini juga sekaligus menjawab pertanyaan yang mungkin muncul dari pembaca: KOK NGGAK BELI POPOK KAIN? Nggak, saya memang udah putuskan nggak beli popok kain. Nanti kalau usia bayi 2 bulanan, saya mulai pakai clodi (kalau nggak malas ya).

Selimut Bayi

Beli selimutnya cuma 1 aja nih saya. Harganya Rp. 45.000,- kainnya lembut dan sudah SNI. Kalau saya pegang sih kainnya lebih lembut dari bedong merek Velvet yang di atas itu ya. Dan ini lebih besar dari ukuran bedong lho ya, kalau mau dipakai buat bedong bayi juga bisa banget.

Kenapa cuma beli satu selimut? Diana juga dulu dari bayi nggak pernah mau diselimutin, jadi ya lihat dululah bayi yang ini nanti gimana, anteng nggak kalau diselimutin. Kalau perlu, nanti belanja lagi pas sekitar satu bulan setelah lahiran.

Singlet Newborn

Dulu, Diana nggak punya singlet, tapi untuk anak kedua ini saya beliin singlet karena OH JAKARTA MAKIN PANAS AJA YA ALLAH! Kalau siang dan hawanya panas, kayaknya si bayi bakalan lebih enak kalo keteknya kebuka ya. HAHAHAHAHAHA. Harga singlet polos newborn ini Rp. 10.000,- per buah, jadi saya coba beli 3 aja dulu, nanti kalau bayinya suka pakai singlet, usia 3 bulan saya beliin lagi yang ukuran lebih besarnya.

Kaos Oblong Newborn

Kaos oblong ini rencana dipakai siang hari juga kalau pas lagi gerah. Biar bayi nggak terlalu kegerahan. Beli di Tokopedia harganya Rp. 10.000,- per buah. Saya cuma beli 3 saja, hehehe.

Stelan Baju Panjang

Harga sesetelnya nggak lebih dari empat puluh ribu kok ini. Kalau saya dipakai buat bayi tidur biar lebih nyaman, nggak kena gigitan nyamuk. Harganya kalau beli di Mae Bebe sih tetep satuan ya, celana panjangnya Rp. 19.000,- per buah, sedangkan baju atasannya Rp. 18.000,- per buah. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa beli setengah lusin, atau beli satu lusin. Kalau saya nggak beli banyak-banyak, soalnya lumayan rajin nyuci baju, jadi nggak perlu stok banyak baju, besok juga udah bersih lagi tu baju setelah dipakai, HEHEHEHEH.

Jumper Lengan Panjang

Jumper newborn lengan panjang merek Velvet ini harganya Rp. 22.700,- per buahnya. Saya sengaja nggak beli banyak, karena punya lumayan banyak jumper lengan pendek yang belom saya bongkar dari tempat penyimpanannya. Mungkin ada selusin jumper bayi yang masih baru untuk newborn, jadi saya cuma nambah 3 buah saja, buat keperluan kalau bayi lagi diajak ke luar rumah, misalnya ke dokter, ke mall atau main ke rumah saudara.

Kaos Tangan dan Kaos Kaki Bayi

Ini saya belinya bener-bener hanya 1 set saja masing-masing, karena saya sendiri nggak telaten makein bayi sarung tangan. Diana dulu juga nggak betahan kalau dipakaiin, jadi ini cuma syarat aja deh, biar ada, kalau ditanya sama mama/mertua/sodara, “Kok bayinya nggak dipakaiin sarung tangan?” bisa segera dipasang biar mulutnya diem. HAHAHAHAHAHA. Saya memang orangnya males rebyek, jadi di depannya ya pasang, kalau udah nggak dilihat lagi ya nggak usah dipakai. Harganya kaos kaki 1 set (3 pcs) Rp. 32.500,- sedangkan sarung tangan merek Libby Rp. 8.500,- saja.

Celana Hamil

Nah, kalau ini keperluan buat ibunya. Celana sudah mulai kesempitan, karena perut ukurannya sudah nggak kuku gedenya. Harga per buahnya Rp. 35.000,- di Mae Bebe Bintaro.

Bra Menyusui

Dari awal hamil, saya sudah beli beberapa bra merek Sorex tipe 8200 seperti ini melalui Tokopedia. Harganya waktu itu hanya Rp. 46.000,- per buah saja. Karena nanti pas menyusui biasanya ASI mudah rembes dan bra perlu makin sering ganti, saya beli tambahan lagi beberapa bra sewaktu belanja keperluan untuk bayi yang akan lahir, mumpung ada juga di Mae Bebe. Tapi harganya ternyata lebih mahal dibandingkan sewaktu saya beli online. Di Mae Bebe satu buahnya Rp. 56.500,- lumayan juga ya beda hampir sepuluh ribu satu buahnya.

Sepatu Bayi Rajut Lucu

Begini nih, kalau emak-emak punya calon bayi perempuan. Nggak bisa lihat yang lucu-lucu pengen dandanin bayi terus. Kayaknya lucu yak kalau bayi dipakaiin macem-macem. Kurang bandana aja yang saya belom beli, hehehehe.

Topi Bayi Rajut

Ini pesen di salah satu toko online di Instagram. Bikinnya PO 2 minggu. Sudah sejak bulan Maret 2019 saya pesennya, sudah lumayan lama. Satu tempat dengan pesen sepatu rajutannya.

Tissue Basah

Ini beli mulai sekarang biar nanti nggak gubrak-gubruk sih. Habis ini juga kayaknya bakal mulai nyicil beli popok sekali pakai kalau pas belanja bulanan ke supermarket/minimarket.

Kayaknya sekian dulu ya tulisan tentang belanja keperluan bayi baru lahir bagian pertamanya. Nanti lanjut lagi di bagian kedua kalau sudah saya lakukan. DAAAAAHHHHH~

Related Post

Tulisan ini sudah 2,147 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

10,516 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>