Belanja Buku Di Pusat Buku Blok M Square

Meski mulai merasa nyaman saat membeli buku dengan cara menelusuri Instagram, saya lumayan rajin juga mengajak Diana ke toko buku.

Nggak selalu beli sih, Diana sudah senang dengan melihat-lihat saja deretan buku-buku bagus yang dipajang di rak.

Sepertinya saya berhasil memberi pemahaman, bahwa barang-barang bagus (apapun, nggak cuma buku) yang dipajang di toko, harus dibeli dengan (kebanyakan) uang merah. 

Sedangkan uang merah adalah pecahan mata uang terbesar, dan mencarinya sangat susah. Mama dan Bapak harus bekerja keras dan lama, baru bisa mendapatkan uang tersebut.

Seneng banget pokoknya punya anak Diana. Dibawa jalan ke toko nggak pernah tantrum minta dibeliin barang mahal. Belom, kali, ya. Hahahaha..

Balik lagi ke buku. Sekarang ini lumayan sering memantau beberapa hashtag di Instagram, dan berakhir dengan membeli buku-buku untuk Diana.

Second nggak masalah, toh, kondisinya masih bagus-bagus. Beberapa juga ada buku yang baru tapi murah, kayaknya sih bakulnya berburu di program-program cuci gudang dari penerbitnya. 

Nah, kemarin itu saya iseng. Udah tahu lumayan lama kalau di Blok M Square itu ada pusat buku di lantai basement. Tapi ya selama ini belom pernah mampir.

Berhubung Diana lagi dijemput sama simbahnya dan nginep 2 malem, jadinya saya free 2 hari liburan di rumah.

Kebetulan suami ada kerjaan liputan, jadi saya anter aja pagi-pagi ke tempat acara. Abis itu saya meluncur ke Blok M Square.

Kepagian! Sampai di parkiran jam 09.30, belom bukalah mal. Beberapa pedagang kue subuh juga ada yang baru pada membereskan sisa dagangannya. Saya perhatiin sih ada yang mengambil, para pedagang snack keliling dengan sepeda.

Pas jam 10.00 tet saya masuk ke mal, langsung menuju basement, dan masih pada tutup, dong. Baru ada satu dua yang mulai membuka dagangannya. Saya mendekat ke salah satu pedagang yang sudah dikerubutin 2 orang calon pembeli.

Saya ikutan membolak-balik buku. Ya pasti, buku untuk anak tujuan saya. Meskipun ada papan bertuliskan obral 10.000,- di sebelah saya, saya tak tertarik. Hahaha, bukan buku-buku bacaan saya banget isinya.

Owh, begini toh, suasananya pusat pedagang buku di Blok M Square, batin saya.

Karena dari rumah memang nggak ada spesifik buku yang mau dibeli, ya saya cari random saja. Akhirnya ketemu buku cerita anak dan beberapa buku bernafaskan islami.

Semua buku yang saya beli di pusat buku Blok M Square tersebut hard cover, kecuali bukunya Wulan Guritno. Sampai saya tulis blogpost ini, belum semua buku saya buka, sih. Masih segelan tuh.

Soal harga gimana? Saya nawarnya borongan. Awalnya penjual buka harga di angka 45.000,- per buku. Memang nggak terlalu tinggi sih dia nawarinnya, karena saya pembeli awal, biasa, untuk penglaris saja katanya.

Tetapi ya nggak afdol lah ya kalau nggak ditawar. Saya nawar dari angka 20.000,- per buku. Ya saya juga nggak yakin bakalan dikasih sih segitu, karena tebakan saya modalnya minimal udah 20.000,- juga per bukunya. Masak dia nggak ambil untung?

Ya sudah, saya naikin jadi 30.000,- tapi tetep keukeuh nggak dikasih. Dan baru deal di 35.000,- per buku. Saya deg-degan juga, karena nggak tahu pasaran buku-buku yang saya beli tersebut. Takutnya di Instagram lebih murah.

Selesai transaksi, saya langsung pulang. Tas saya yang awalnya kosong melompong langsung penuh di satu toko saja. Jadi saya nggak keliling lantai basement blok M Square tersebut. Ntar ah, kapan-kapan main ke sana lagi.

Sampai di rumah, saya langsung search di Instagram buku-buku yang saya beli tersebut. Penasaran dengan harganya.

Dan saya senang, soalnya beberapa buku harganya 79.000,- dan 99.000,- bahkan 105.000,- juga ada. Sayang, buku Wulan Guritno ada yang jual 28.000,- hiks saya merasa gagal juga menawarnya. Tapi nggak papalah. Penjual bukunya kan perlu makan juga, biar aja untungnya banyak.

Gimana, ada yang tertarik juga nyobain nyari buku di Blok M Square lantai basement? Kalau saya pengen ke Gudang Buku, Bekasi. Tapi jauuuuhh..

Tulisan ini sudah 34,903 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *