Belajar Menggunting

Diana sampai usia yang sekarang ini bukan tipe anak yang suka menggunting barang-barang yang aneh gitu. Termasuk belom pernah menggunting sendiri rambutnya saat emaknya nggak ngeliat sampai pitak gitu. Palingan pernah tanpa sengaja menggunting sedikit baju yang dipakainya saat belajar menggunting, tapi itupun karena dia nggak tahu kalau bajunya ikut kegunting.

Bahan Belajar Menggunting

Nah, tapi ya, namanya juga anak. Kalau disuruh belajar menggunting dengan menyebut kata ‘belajar‘ atau ‘latihan‘, seringnya susah kan, ya?

Makanya harus dibuat cara supaya belajarnya lebih menyenangkan. Pernah saya bikinin worksheet yang belajar menggunting berupa garis-garis lurus dan zig-zag gitu, tapi akhirnya baru digunting satu udah males dia. Padahal saya nge-print-nya terlanjur banyak, hadeh!

Akhirnya nyari lagi gambar-gambar buat belajar yang lebih menarik perhatian Diana. Ketemulah gambar dari Activity Village yang Pet Animal Cutting Shapes dan saya print beberapa.

Hasilnya juga nggak jauh beda sih, cuma bertahan satu dua yang dikerjakan, tetapi setidaknya ada kemajuan daripada worksheet garis lurus dan garis zig-zag yang saya berikan untuk berlatih.

Intinya sih, belajar menggunting itu harus yang menyenangkan buat anak. Nggak harus belajar menggunting dengan kertas. Bisa menggunakan kain atau juga belajar memakai sedotan panjang atau benang yang digunting menjadi pendek-pendek.

Apa saya pernah menggunakan gunting mainan terlebih dahulu. Enggak. Saya langsung memberikan gunting beneran kepada Diana. Lupa saya di usia berapa, tetapi sepertinya di usia sekitar 3 tahun sudah bisa menggunakan gunting. Latihan sekarang ini lebih kepada berlatih menggunting yang lebih presisi ke bagian yang harus digunting.

Tulisan ini sudah 748 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *