Persiapan Belajar Mengenal Angka Ala Montessori

Bulan lalu udah bikin Montessori Beads sendiri, ceritanya bisa dibaca di sini. Jadi sekarang tinggal persiapan lainnya, supaya belajar matematika nantinya jadi lebih mudah. Seperti biasa, saya bergerilya, baca-baca dan pada akhirnya nyari yang tinggal langsung download dan cetak lalu gunting sendiri.

Belajar Berhitung Ala Montessori

Yang belum saya punya adalah tempat buat narohnya. Masih saya simpen dijadiin satu aja. Padahal mengorganisir bahan-bahan buat belajar ini salah satu bagian penting juga. Kalau lihat-lihat kelas atau rumah anak-anak yang belajar dengan metode Montessori, suka ngiler sendiri. Tapi sementara ini bahan-bahan utamanya aja dululah yang disiapkan. Sambil berusaha kumpulkan dana supaya bisa semaksimal mungkin nanti belajarnya.

Belajar berhitung ala Montessori

Matematika itu akan dipelajari dengan cara yang nyata dan sederhana, dengan memakai bahan pengajaran yang menyenangkan. Nyata seperti apa? Jadi angka itu bukan saja sekedar persepsi, bahwa anak mengenali bentuk (tulisan) angka satu, dua dan seterusnya, tetapi juga mengerti konsepnya, bahwa dua itu lebih banyak dari pada satu, lima itu sebanyak ini, dan seterusnya.

Ada banyak cara dan benda-benda yang bisa digunakan untuk belajar mengenalkan angka ala Montessori ini. Nanti akan saya tuliskan di blog ini, sementara dua saja dulu ya, yaitu ten frame cards dan montessori beads dulu.

Belajar mengenal angka 1 hingga 10, saya cetak terlebih dahulu angka sesuai dengan huruf latin (roman) yang biasa kita gunakan sehari-hari di Indonesia. Kalau jaman saya dulu sekolah kan ya cuma hafalan, owh angka 1 itu bentuknya seperti ini, dua seperti ini, dan seterusnya. Di Montessori disiapkan bentuk nyatanya, bahkan angka roman tersebut disediakan dalam bentuk tiga dimensi yang bisa dipegang, diraba anak, bahwa angka 1 itu seperti ini nyatanya, dalam tulisan menjadi angka 1.

Menyenangkan banget kayaknya nanti kalau belajar angka dan matematika dengan cara seperti itu. Tapi masih belum saya mulai sih, baru kumpul-kumpul alatnya aja, dimulai dari yang gampang-gampang, dan bisa dikerjakan DIY. Mamanya dulu yang harus ngebut belajar, karena ilmunya masih seuprit.

Tulisan ini sudah 1,627 kali dibaca

2 thoughts on “Persiapan Belajar Mengenal Angka Ala Montessori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *