Belajar Berhitung Menggunakan Jepitan Baju

Saya senang sekali dengan Instagram akhir-akhir ini. Di Instagram, saya bisa dapat banyak ilmu buat bikinin Diana mainan-mainan, yang sekaligus ngajarin Diana dasar-dasar sebelum nanti secara resmi sekolah. Saya juga sekarang ini mulai nyicil-nyicil buatin berbagai nomenclature card ngikutin yang diajarin Montessori.

Salah satu permainan yang saya temukan dari Instagram tersebut adalah belajar berhitung dengan menggunakan jepitan baju. Jadi gimana? Beli jepitan baju banyak-banyak dan minta anak menghitungnya?

Hehehe, bukan begitu juga, kali.. Yuk, ah, lihat gimana caranya.

Belajar Berhitung Untuk Anak 3 tahun

Untuk kartunya, bisa bikin sendiri, juga juga pakai berbagai macam printable gratis yang udah dibikinin sama blogger-blogger kece dari luar negeri sonoh. Saya sih, sudah pasti pakai opsi kedua ya, hahahaha. Kalau ada yang bisa langsung pakai, ngapain repots gituh yah?

Langsung deh saya maruk, nyari dan nge-print banyak-banyak. Saya laminating biar awet, bisa dipakai berkali-kali nggak sobek. Kalau mau bikin sendiri juga boleh. Ada banyak juga kok, yang menggambar manual. Misalnya gambar bola, kan relatif gampang tuh, tinggal bulet, dikasih warna-warni biar lebih menarik, dan dibawahnya ada 3 angka yang bisa dipilih sama anak.

Setelah itu, kasih ke anak lembaran-lembaran kertas yang bisa dihitung bendanya tadi beserta jepitan bajunya. Minta anak menghitung benda, setelah itu memilih angka jawabannya dan dijepit dengan penjepit baju.

Kenapa jepitan baju? Ini ada hubungannya juga dengan motorik halus anak untuk persiapan nanti belajar menulis. Biar jari-jarinya kuat gitu. Jadi dari satu permainan ini ada banyak gunanya buat anak pra sekolah. Anak juga nggak berasa kalau sedang belajar. Berasanya lagi main-main aja.

Belajar Berhitung Anak 3 Tahun Dengan Clothespins

Mau lagi cara lainnya?

Buat anak yang lagi belajar berhitung sampai dengan maksimal 10 (seperti Diana), bisa dengan seperti gambar kedua di atas. Bikin satu lingkaran dan dibagi 10 bagian. Masing-masing bagian, isi dengan gambar benda dari mulai 1 sampai dengan 10 jumlahnya. Sediakan 10 jepitan baju yang ada nomornya 1-10. Minta anak untuk memasang jepitan bajunya ke gambar-gambar sesuai dengan jumlahnya.

Sttt, itu jepitan baju yang saya punya nggak banyak banget kok. Bisa dipakai ganti-gantian di permainan yang pertama maupun permainan yang kedua. Yuk, siapa mau main-main sambil belajar berhitung bersama dengan anak?

Tulisan ini sudah 950 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *