Bekel CERELAC Nutripuff Bikin Piknik Makin Asyik

Persiapan piknik ngajak anak itu lumayan rempong kan ya, Mom? Berasa apa aja pengen dibawa, dengan bayangan nanti kalau butuh, biar ada. Padahal sih ya, kebanyakan bakalan nggak kepakenya, dan cuma digotong ke sana ke mari aja. Apalagi kayak keluarga saya yang ke mana-mana pakai angkutan umum, bawaan saat piknik itu perlu banget seminimal mungkin, tanpa mengurangi kenyamanan pikniknya tentu saja.

Jadi, apa saja yang perlu dibawa saat piknik bersama anak? Saya terkadang piknik membawa makanan sendiri, tetapi kadang juga bisa makan di luar. Yang pasti sih bawa air minum sendiri, meskipun suka udah habis duluan di jalan, hahaha, yang penting udah bawa ya.

Cereal Nutripuff
Kotak bekal piknik Diana

Bawa snack juga buat anak, supaya anak tetep bisa ngemil. Biar lambung anak jangan sampai kosong terlalu lama. Jangan sampai gara-gara piknik jadi kelaparan. Sama yang tak kalah pentingnya, bawa baju ganti buat anak. Terkadang baju anak suka kotor atau basah ketumpahan minum dan makanan, jadi harus selalu siap baju gantinya.

Nah, ngomongin soal snack saat piknik, saya biasanya yang suka kalap. Pengennya bawa banyak, karena di jalan suka lama. Kalau naik bis suka macet. Naik kereta api juga terkadang menunggu lumayan lama di stasiun. Bawaannya mulut kan pengen ngemil terus kan ya? Hahaha.

Sebenernya ada sedikit mitos yang salah nih soal ngemil/makan camilan/snacking. Ada beberapa yang menganggap kegiatan makan ringan ini sebagai sesuatu yang negatif dan bakalan berakibat negatif terhadap tubuh (baca: bikin gemuk).

Masalahnya tentu bukan di kegiatan ngemilnya, tetapi apa makanannya. Yang nggak sehat itu kalau camilannya makanan yang terlalu manis, terlalu asin, berminyak, berlemak dan dimakan dalam porsi yang berlebihan. Selama camilannya adalah makanan sehat dan dalam porsi yang dianjurkan, kegiatan snacking justru sangat penting lho buat anak kita.

Cerelac Nutripuffs

Saat saya hadir di peluncuran snack pertama dari CERELAC tanggal 24 Mei 2017 di D’Lab Menteng, Eka Herdiana, Market Nutritionist PT. Nestle Indonesia menjelaskan bahwa di Indonesia 3 dari 10 anak masih mengalami stunting akibat malnutrisi. 28% anak Indonesia usia 12-59 bulan juga mengalami anemia di usia dini. Makanya mencukupi kebutuhan gizi mikro anak itu penting banget, soalnya makanan utama yang kita berikan pada anak bisa jadi gizinya belum cukup komplit.

Rendi Kusumo, Category Marketing Manager Infant Cereal & Baby Foods PT Nestle Indonesia selanjutnya menjelaskan beberapa keunggulan CERELAC Nutripuffs seperti bentuknya yang bisa melatih motorik anak, terbuat dari gandum dan buah asli, tinggi zat besi dan Vitamin B1, serta mudah leleh di mulut sehingga aman untuk anak, tidak menyebabkan anak tersedak.

Nyobain ini yuk, cerelac nutripuffs

Lihat nih, kemasan CERELAC Nutripuffs ini unyu banget yah? Ada dua kombinasi rasa yaitu pisang stroberi dan pisang jeruk, bisa diberikan kepada anak mulai usia 10 bulan. Satu takaran sajinya bisa memenuhi 20% kebutuhan zat besi harian si Kecil, lho. Dengan kemasan zip-lock, snack ini makin praktis, karena bisa ditutup kembali dengan rapat setelah dibuka.

Saya udah nyicipin juga, dan rasanya enak! Terbuat dari gandum utuh dan buah-buahan, CERELAC Nutripuffs ini berbentuk bintang mini yang dirancang untuk pengalaman belajar makan yang menyenangkan buat anak-anak. Dan ini sehat yaa, karena dibuat dengan cara dipanggang, bukan digoreng..

Harus agak riwil soal makanan buat anak, karena makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan berlebihan penyedap rasa, bisa membahayakan tubuh karena kemampuan ginjalnya yang belum berfungsi maksimal. Kabar baiknya, CERELAC Nutripuffs tidak mengandung zat-zat tersebut, jadi aman yaa..

Yang saya tunggu, tentu ilmu dari Psikiater anak Dr. dr. Tjhin Wiguna, spKJ(k) saat menjelaskan snacking yang diterapkan kepada anak usia mulai 10 bulan dapat mengasah kemampuan si Kecil untuk belajar makan sendiri (self-feeding). Ini penting karena merupakan stimulus untuk perkembangan motorik halus anak. Belajar meraih dan memasukkan snack ke dalam mulut akan jadi pondasi ketrampilannya nanti saat mewarnai dan menggambar.

Belajar makan sendiri ini penting untuk anak. Bisa dibiasakan dengan mendudukkannya di high chair, kursi khusus untuk anak makan. Snack bisa diletakkan di sebuah mangkok yang nggak mudah bergeser atau tergelincir, bisa juga langsung ditaruh di atas tray high chair-nya. Biarkan anak mengeksplorasi makanannya. Momen makan yang menyenangkan pada anak itu bisa ngeluarin endorphin dan oksitosin lho, yang akan membuat anak menjadi relax dan bahagia.

Wow! Saya takjub. Ternyata urusan makan yang terlihat sepelepun, manfaatnya sungguhlah besar terhadap tumbuh kembang anak yang sempurna yaaa.. Makanya saya nggak akan menganggap enteng lagi soal snacking buat anak. CERELAC Nutripuffs yang rasa pisang stroberi udah pasti akan selalu menemani saat saya dan Diana jalan-jalan.

Tulisan ini sudah 3,723 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *