Bayiku Mulai Menggigit Saat Menyusu

Diana - Bayi Gigi 4Perasaan baru kemarin ya, nimang-nimang bayi mungil yang diem aja kalo dicium-cium sepanjang hari, diem aja mau ditaroh di sofa atau di atas kasur, diem aja kalau dimandiin, dan paling senyum-senyum atau ketawa-tawa dikit kalau dibecandain.

Eh, sekarang tiba-tiba udah gede aja. Udah banyak maunya. Baru sedetik didudukin di pangkuan, udah berontak mau merangkak keliling rumah. Merangkak ke barang-barang yang masih baru baginya, mencoba berkenalan dengan cara memasukkan ke dalam mulut. Dan kembali merangkak dengan kecepatan dan tenaga yang berlipat padahal baru saja diangkat dan digotong ke tempat yang menurut emaknya ‘lebih aman‘ bagi bayi.

Selain keinginan berkeliling menjelajah seluruh isi rumah, bayi yang mulai memiliki banyak keingintahuan ini, beberapa kali mencoba mengigit payudara emaknya saat disusui. Rasanya? Jangan ditanya. Gigi Diana sudah ada 4 buah [dua di atas dengan ukuran super besar dan dua di bawah] dan begitu keempat giginya itu beradu, emaknya kayak melayang dalam beberapa detik.

Mau marah? Mau ngamuk? Namanya juga bayi. Dia mungkin penasaran, kalau aku gigit susu Mama, gimana ya reaksinya? Hahaha…

Berhubung emaknya Diana ini orang yang emosian tingkat tinggi, perlu banyak baca dulu deh, biar nggak salah langkah mengatasi bayi yang suka menggigit saat disusui. Nemulah saya sebuah artikel yang bisa dibagikan seperti di bawah ini.

Bayi menggigit saat menyusu biasanya karena gatal saat giginya akan tumbuh, meskipun ada juga beberapa alasan selain karena sedang tumbuh gigi, yaitu [Sumber]:

  1. Bayi tertidur saat menyusu. Gigitan ini terjadi karena otot-otot rahangnya melemah dan posisi kepala bayi mendorong rahang untuk mengatup. Karena itu, perhatikan saat isapan bayi mulai melemah dan segera keluarkan mulut bayi secara perlahan.
  2. Sebagai bentuk pengalihan, misalnya karena ibu sibuk berbicara dengan orang lain saat sedang menyusui. Beberapa bayi menggigit puting payudara ibunya ketika berusaha untuk mengalihkan sesuatu. Ketika ia merasa terganggu dan memutar kepalanya, maka beri perhatian untuk mengalihkan perhatiannya.
  3. Aliran ASI kurang lancar dan bayi tidak sabar. Sebaiknya susui bayi sebelum bayi mulai menangis keras atau sudah kelaparan.
  4. Salah posisi menyusui. Menggigit tidak mungkin dapat dilakukan bayi jika posisi mulutnya benar. Hal ini dikarenakan gigi dan gusi seharusnya terhalang dari puting oleh lidah bayi.
  5. Ada benda asing di dalam mulut bayi, biasanya karena bayi sedang senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya.
  6. Bayi sebenarnya tidak ingin menyusu atau perhatiannya teralihkan, misalnya dengan kehadiran orang lain.
  7. Bayi sudah kenyang dan ingin bermain dengan puting. Jangan biarkan permainan ini menjadi kebiasaan bayi, dengan cara melepaskan mulut bayi begitu dia mulai bermain-main.
  8. Kelainan frenulum lingual, yaitu jaringan yang mengikat lidah dengan lantai mulut.

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menghentikan bayi yang suka menggigit adalah [Sumber]:

  1. Usahakan untuk menatap mata bayi dengan menunjukkan rasa tidak senang dan berusaha untuk menghentikan menyusui.
  2. Jika anak terus menerus menggigit, maka berilah ia lebih banyak pelukan, ciuman dan pujian ketika ia berhasil menyusu tanpa menggigit.
  3. Jika bayi menggigit untuk menarik perhatian, maka berilah ia perhatian yang cukup selama menyusu misalnya dengan mengajaknya ngobrol atau sambil mengusap bayi.
  4. Belajarlah untuk mengetahui tanda-tanda bayi akan selesai menyusu.
  5. Usahakan untuk tidak memberinya makan kecuali saat ia benar-benar lapar.
  6. Berilah ia mainan yang bisa digigit dan khusus diberikan pada bayi yang baru tumbuh gigi sebelum atau setelah bayi menyusu.

Alasan-alasan yang disebut di atas sepertinya nggak ada deh dalam kasus Diana menggigit susu saya ini. Kemungkinannya ya itu tadi: gusinya gatel karena giginya akan numbuh lagi. Tapi kok cepet amat ya, umurnya baru 8 bulan dan giginya sudah 4. Masak udah mau numbuh lagi? :mrgreen:

Tulisan ini sudah 6,790 kali dibaca

2 thoughts on “Bayiku Mulai Menggigit Saat Menyusu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *