Bayi Suka Menggigit Besi? Diana Namanya!

Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Diana, baru 8 bulan umurnya. Giginya sudah ada 4 biji, dua di atas, dua di bawah. Sudah mulai suka menggigit susu emaknya. Makin rajin menggigiti semua barang yang ditemukannya.

Bayi Gigit Tali

Selain kertas koran dan tisu idolanya, Diana juga senang benda yang panjang-panjang. Misalnya benang atau tali-tali. Kalau sudah dapat benda kesukaannya itu, bakalan susah deh memintanya kembali sebelum klomoh. 😆

Bayi Gigit Besi

Yang paling parah adalah kebiasaannya mencari handphone orang tuanya untuk digigiti! Masih mending kalau yang berhasil didapatnya adalah handphone bapaknya, karena terbuat dari plastik. Lha kalau yang dipegang adalah handphone emaknya, kasihan juga giginya yang baru tumbuh itu kalau harus melawan besi.

Agak khawatir juga, karena saya membaca, gigi susu adalah sebagai petunjuk arah tumbuhnya gigi tetap kelak di kemudian hari. Gigi susu membentuk rahang supaya lengkungannya pas sebagai tempat tumbuhnya gigi tetap. Kalau gigi susu sudah rusak atau tanggal sebelum waktunya, ngeri juga, karena dampaknya akan mengakibatkan gigi tetap tumbuh tidak teratur.

Sekarang aja tumbuhnya renggang gitu e.. Saya lagi nyari-nyari bacaan atau referensi soal gigi nih. Gigi atas Diana itu kan jaraknya jauh gitu ya, takutnya ntar jadi sesak, kalo sudah tumbuh gigi di sebelahnya. Tempatnya nggak cukup, gitu.. Padahal gigi yang sebelah bawah tumbuhnya kecil dan rapi. 😳

Related Post

Tulisan ini sudah 6,267 kali dibaca

5 comments on “Bayi Suka Menggigit Besi? Diana Namanya!

  1. Sama dengan Faiz dulu. Ketika bayi, apapun di masukkan kedalam mulut. Pernah saya dan abinya berantem, gara2 manik2 jepet saya hilang…dan si Faiz sedang memegang jepit rambut *huaaaaa….semoga mah dugaan kami salah. Harus dijauhkan Mba, barang dan benda2 kecil. Sekarang Faiz tiga tahunpun , masih suka memasukkan apapun. Hati-hati y

    • isnuansa on said:

      Iya, Mbak. Ini juga sudah mulai makan apapun yang ditemukannya. Terakhir dia muntah-muntah gara-gara nemu kulit salak dan dimakan. :mrgreen:

  2. Bundo on said:

    Nunik, ruang antar gigi (diastema) pada gigi susu itu wajar.. karena ukuran giginya yang kecil sedangkan rahang cukup besar. Bundo optimis Insya Allah susunan gigi tetap Diana bakal rapih karena pertumbuhan rahang yang optimal.

    pertumbuhan rahang yg sempurna dapat dipacu dengan aktif mengunyah (mengunyah makanan berserat loh ya..) sehingga setiap gigi mendapatkan haknya untuk tumbuh di tempat yang seharusnya. Ini juga untuk menghindari gagal erupsinya gigi geraham terakhir (gigi bungsu).

    dan tentu saja dari sekarang nunik bertugas menjaga kebersihan gigi Diana.. 🙂

    • isnuansa on said:

      Wah, kalo dokter gigi sudah ngasih penjelasan kayak gini, saya jadi tenang deh. Jadi jarak antar gigi itu nantinya bisa rapet sendiri gitu ya, Bundo?

      • Insya Allah bakal rapet.. karena secara genetik bapak ibunya Diana gak ada yang diastem (gigi jarang) kaann..? ukuran gigi tetap jauh lebih besar dibanding ukuran gigi susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,211 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>