Bayi Pilek Grok-Grok, Asi Obatnya

Sebel juga waktu dedek Diana pileknya nggak sembuh-sembuh, padahal udah 
lumayan lama. Sempet hampir sembuh, eh, kemaren kayaknya terlalu banyak ngisep asap knalpot di jalan raya. Jadinya grok-grok lagi deh. Efek lanjutan dari grok-grok pilek ini bisa panjang, karena hidung mampet, dedek Diana bobonya seneng menghadap ke satu sisi, peyang deh kepalanya. Hahaha…

Bayi pilek ini sebenernya wajar, apalagi sekarang emang lagi pancaroba. Yang udah dewasa aja rentan kena penyakit flu, lha ini bayi yang memang baru ngerasain ribetnya dunia, ya dimaklumi aja kalau ada virus-virus yang mencoba masuk, nyangkut ke dalam tubuhnya.

Saran-saran yang biasa dikasih sih ya seputar banyak-banyakin minum asi ke bayi, sama usahain jangan tidur di AC dulu. Saran pengobatan pertama soal minum asi sih, gampaaanng. Tiap jam rasanya bayi saya pasti minta nenen. Sampai-sampai ukurannya jumbo buat bayi seumuran dia. Tapi saran untuk nggak tidur di ruangan AC, manaaa bisaaa? Jakarta panas bo’.

Cari-cari bacaan, apa yang bisa dilakukan agar pilek bayi hilang tanpa perlu minum obat. Kebanyakan hasilnya adalah diuap dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Caranya, pasang baskom berisi air panas yang ditetesi minyak telon atau kayu putih di dalam kamar. Atau, pakai pemanas air yang dicolokin ke listrik itu. Tapi saya nggak punya, dan kalau pakai baskom kok ya kayaknya cukup ribet ya.. Saya pilih cara lain deh.

Diana Bayi Tertawa Riang

Akhirnya nemu bacaan, kalau asi adalah obatnya! Bukan cuma bayinya diminumin asi, tapi asinya dijadiin obat tetes hidung supaya pileknya sembuh. Konon DSA di Jerman sarannya seperti itu. Langsung deh saya coba. Berhubung nggak punya pipet dan malas merah asi kalau cuma dikit, akhirnya pakai cara saya sendiri, hahahaha… Waktu minumin bayi, kepala posisinya agak di kebawahin sehingga hidungnya nungging. *halah istilahnya* Saat LDR (let down reflex), asi kan mancur sendiri tuh, pasang aja di atas lubang hidung bayi. Nggak usah lama-lama, yang penting asinya masuk ke hidung. Hati-hati ya tapi…

Lumayan, dua hari ini grok-grok akibat hidung mampetnya lumayan berkurang. Saya gabungin antara tetes hidung pakai asi dengan membalik bayi ke posisi tengkurap. Saat tengkurap, hidungnya bakal meler tuh keluar ingus, lap deh pakai tisu. 

Mudah-mudahan bisa membantu ya buat mama-mama yang bayinya pilek. Nggak perlu cepet-cepet kasih obat, pakai asi aja, obat alami.

Tulisan ini sudah 20,294 kali dibaca

3 thoughts on “Bayi Pilek Grok-Grok, Asi Obatnya

  1. Wew aku baru tahu tuh asi ditetesin ke hidung. Kalau Vay, memang grok-grok karena alergi jadi aku yang menjaga makanan agar tidak pengaruh ke ASI. Alhamdulillah bisa dijaga dan baik-baik saja. 🙂

  2. Betul Mbak, adik saya yg di Jerman juga disarankan DSA-nya utk meneteskan ASI ke hiding anaknya kalau lagi pilek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *