Bayi Mulai Belajar Tengkurap

Saya agak-agak khawatir sama dedek Diana. Dengan badannya yang berukuran agak jumbo, membuat dedek Diana sedikit malas-malasan untuk mulai belajar tengkurap. Padahal sewaktu usianya baru sekitar satu bulan, dedek Diana termasuk bayi yang lumayan aktif belajar memiringkan badannya dan mencoba untuk tengkurap.

Alhasil, saat ini dedek Diana baru bisa tengkurap kalo ditengkurapkan sama emaknya atau bapaknya. Tujuannya biar bisa keluar angin (sendawa) yang terbawa masuk saat menyusu. Setelah sendawa, biasanya ditelentangkan lagi.

Tapi saat saya mencari tahu, sebenarnya pada usia berapa bulan bayi mulai bisa tengkurap? Pada umumnya memang pada umur 3 bulan, atau di sekitar itu. Terlalu dini juga kalau saya berharap dedek Diana sudah bisa tengkurap, karena hari ini saja usianya baru masuk dua bulan setengah. Usia 3 bulan belajar tengkurap juga bukan patokan pasti, karena masih normal jika di usianya yang 4 bulan baru bisa, kebanyakan ya karena faktor kelebihan berat badan itu tadi yang membuat bayi lebih malas bergerak.

Bayi Tengkurap Dedek Diana

Meskipun belum bisa tengkurap, nggak ada salahnya kan, jika saya melatih bayi saya supaya bisa tengkurap? Caranya ternyata lumayan gampang. Miringkan badan bayi, dan biarkan dia mencoba sendiri menjatuhkan badannya ke posisi tengkurap. Memang sih, kadang bukannya bergerak sesuai dengan kemauan kita, tapi si bayi balik lagi ke posisi telentang, hehehe…

Bayi Tidur Tengkurap

Kalau sudah merasakan enaknya posisi tengkurap, bayi bisa langsung tidur lho. Bahkan ada bayi yang lebih senang tidur dalam posisi tengkurap. Meskipun ada kecemasan soal SID (kematian mendadak pada bayi) jika bayi tidur tengkurap, selama selalu kita awasi, saya pikir nggak ada masalah. Untuk tidur malam hari saya memang lebih memilih dedek Diana tetap pada posisi telentang. Berdasarkan yang saya baca, tengkurap bagi bayi disarankan sekitar 30 menit dalam satu hari.

Sayangnya, sampai saat ini dedek Diana belum mampu menegakkan kepalanya, karena lehernya belum bisa menyangga kepala dengan sempurna. Jadi, saat dibalik ke posisi tengkurap, kepalanya tetap berada di atas matras.

Mudah-mudahan 1 bulan lagi dedek Diana sudah mampu membalikkan badannya sendiri ke posisi tengkurap.

2 comments on “Bayi Mulai Belajar Tengkurap

  1. bajugrosirmurah on said:

    anak aku umur 2 bulan sudah bisa tengkurep sekarang kepalanya sudah tegak dan bisa menjanggah lehernya karena berat badannya sedikit gemuk sekitar 7.4 kg jadi untuk berbalik agak susah kadang bisa kadang kadang juga tidak bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,224 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>