Bayi Cepat Jalan, Lambat Berbicara?

Diana Taman Catellya

Setiap kali bertemu dengan teman dan ngobrolin soal anak, selalu saja jawaban mereka akan sama, ‘Biasalah itu, kalau jalannya cepet, biasanya memang ngomongnya bakalan telat.’ Ah, masa sih? Saya penasaran tudemaks.

Ya memang sih, Diana belom juga berumur satu setengah tahun. Tetapi ‘normalnya‘ anak seumuran ini, sudah bisa mengucapkan satu dua kata pertamanya. Diana bukannya tidak bisa bersuara. Bisa. Tapi ugh agh doang. 😆 Padahal, dia 1000% ngerti saat diajak ngomong. Artinya, pendengarannya amat sangat normal. Pemahamannya baik. *geregetan sambil nulis ini*

Saya baca, ada kemungkinan yang begini ini namanya Attention Deficit and Hiperactivity Disorder. Anak cenderung banyak geraknya, nggak mau bicara secara verbal.

Sebagai orangtuanya, saya yakin nggak ada kelainan sama Diana. Semua perintah mampu dipahami dengan baik.

“Awas sebelum ke luar rumah, lihat dulu ada motor atau enggak, nanti ketabrak.”

“Ayo kita makan ke taman. Ambil dulu sendalnya. Pakai.”

“Buka bajunya. Sana mandi ke kamar mandi.”

“Diana mau minum es? Buka sendiri kulkasnya pakai dua tangan ya. Kalau satu tangan Diana belum kuat.”

“Ambil bukunya, bawa sini.”

Nah! Komunikasi dengan kalimat panjang-panjang seperti itu aja Diana udah ngerti dan bisa melaksanakannya, lho. Yang terakhir itu kan dua perintah sederhana. Dia udah ngerti juga.

Tapi kenapa mulutmu nggak pernah dipakai, Nak? *uyel-uyel Diana*

Tulisan ini sudah 3,069 kali dibaca

5 thoughts on “Bayi Cepat Jalan, Lambat Berbicara?

  1. Bagaimana kalo belajarnya sambil maen tebak-tebakan? Maksudku, kayak kita maen ABC lima dasar itu loh. Jadi misalnya, ini mama (tunjuk diri sendiri), ini papa (tunjuk ke papa), ini siapa ya? (tunjuk diana, biarkan dia coba ngomong Diana). Begitu seterusnya….termasuk dengan boneka dll.

    Cuman sekedar saran… semoga selalu sehat ya, Diana. 😉

  2. Aku biyen bareng suh mbak, ngomong karo mlaku bareng bareng. Tapi sebelum iso mlaku, diriku ngesot disik persis koks uster ngesot kae loh. Hahaha.. Dan hal itu menurun ke adikku. Jadi kamu berdua adalah DUO NGESOT! Yay!

  3. Aku biyen bareng sih mbak, ngomong karo mlaku isone bareng bareng. Tapi sebelum iso mlaku, diriku ngesot disik persis koyok suster ngesot kae loh. Hahaha..

    Dan hal itu menurun ke adikku. Jadi kami berdua adalah DUO NGESOT!

    Yay!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *