Bayi 8 Bulan Sudah Mulai Merambat?

Bayi Mulai Merambat

Diana baru bisa merangkak di usianya yang hampir 7 bulan. Termasuk agak lambat sih, kalo menurut saya. Soalnya badannya agak kegemukan (versi saya), menjadikannya terlambat bisa tengkurap sendiri. Setelah saya belikan kolam renang plastik, dan berturut-turut saya cemplungin masuk ke dalamnya, perkembangannya langsung maju pesat. Bisa langsung tengkurep sendiri, merangkak ke mana-mana, bisa berdiri ditopang dan mulai melangkahkan kaki jika ditetah, terakhir malah sudah berdiri sendiri jika ada dinding dan belajar merambat.

Memang setiap bayi itu unik perkembangannya. Berulang kali saya baca hal ini di berbagai website tentang tumbuh kembang bayi. Makanya, saya tak terlalu risau (berlebihan) jika ada perkembangan bayi yang terlambat terjadi di Diana, tak juga terlalu gembira jika dia berhasil dini (dibandingkan dengan usia pencapaian bayi pada umumnya).

Meskipun Diana sudah bisa berdiri, tapi kalau bicara keseimbangan, kayaknya belum bagus. Kalau dipegang kedua tangannya, lumayan lancar sih Diana berjalan maju ke depan beberapa langkah, setelah itu ya capek dan minta duduk, hehehe..

Tapi saya pengennya dia memaksimalkan dulu merangkaknya. Supaya bisa mengeksplor semua sudut rumah. Biar jangan langsung berlari-larian secepat ini. Yaaa, kira-kira umur setahun bisa jalan itu pas lah.

Nggak asyik juga ya kalau memaksakan keinginan orang tua ke bayinya. Ya suka-suka bayinya mau jalan cepet sekarang atau masih nanti. :mrgreen:

Belajar berdiri dan merambat di dinding ini bikin Diana suka kejedot juga jadinya. Soalnya nggak kenal waktu, terkadang sudah ngantuk dan harusnya sudah mau tidur, eh, malah ekting unjuk gigi kemampuannya di depan emaknya. Jadilah terpeleset dan jidatnya nyium dinding. Padahal ya sudah saya perhatiin lho, tapi tetep saja kecepatan terpelantingnya lebih cepat dari pada kemampuan saya menangkap badannya. Kalau beruntung bisa saya tangkap, paling jidatnya nyenggol dinding pelan-pelan, tapi ya tetep nangis juga. 😆

Senengnya, hampir tiap bulan kemampuan Diana berkembang terus. Minggu depan umurnya 8,5 bulan, sudah bisa apa lagi ya dia? 😳

Tulisan ini sudah 3,907 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *