Bayi 7 Bulan Bisa Apa Saja?

Dedek Diana sudah 7 bulan sekarang. Nggak kerasa, cepet banget waktu berlalu, tahu-tahu udah 7 bulan aja, padahal rasanya baru kemarin dia umur 7 bulan dalam kandungan.

Bayi 7 bulan ini sudah bisa apa saja? Sudah pinter banget. Makin banyak omongnya. Sudah merangkak ke mana-mana sesuai dengan keinginannya. Sudah tumbuh giginya 4 buah, 2 di bawah, 2 di atas. Sudah pinter makan. Sudah bisa berdiri tegak sambil dipegangin. Sesekali bisa berdiri sendiri dari posisi duduk kalau ada rambatannya. Sebentar lagi pasti bisa merambat ke mana-mana.

Apa makanan bayi 7 bulan ini? Masih makanan instan yang saya beli online kemarin-kemarin itu. Saya cobain masak bubur sendiri pakai slow cooker, Diana nggak mau makan, malah GTM . Tapi saya curiga, bukan buburnya yang salah. GTM karena giginya lagi mau tumbuh, jadi lain waktu harus dicobain lagi masak bubur buat Diana.

Frekuensi renang dikurangin dikit minggu ini karena batuk pileknya belum sembuh juga. Mudah-mudahan minggu depan udah bisa mulai berenang lagi. Apalagi kalau saya libur, bisa dua kali sehari berenangnya. Biar badannya makin keker, nggak gendut banget, hehehe… Berat badan ideal bayi 7 bulan udah terlewati. Terakhir nimbang sebulan yang lalu sudah 9,4 kg dengan panjang badan 74 cm.

Dari semua ciri-ciri di atas, sepertinya tumbuh kembang bayi 7 bulan sudah ada semua di Diana. Nggak ada yang belum bisa. Cepet banget perkembangannya setelah saya biasakan berenang, padahal saat umur 5 bulanan sempat agak khawatir karena belum bisa tengkurap sendiri.

Kekhawatiran orang tua jika bayinya terlambat perkembangan baik motorik, emosional maupun kemampuan berbahasa dan sosialnya adalah hal yang wajar. Bukan ingin bersaing dengan bayi yang lainnya, tetapi lebih kepada sisi kesehatannya saja. Pastilah juga banyak yang khawatir seperti saya kalau bayi 7 bulan belum bisa duduk sendiri, atau bayi 7 bulan belum bisa merangkak. Memang kita sebagai orang tua harus aktif, membantu pencapaian tumbuh kembang bayi kita agar sesuai dengan usianya.

Tidak ada salahnya mencoba olahraga yang saya kenalkan pada bayi saya: berenang. Setelah berenang, sepertinya susul menyusul perkembangannya, bahkan datang bersamaan. Berenang tak harus ke kolam renang dan merepotkan. Cukup beli peralatannya yang tak terlalu mahal, bisa dipakai berkali-kali. Mudah-mudahan sedikit tips tadi bisa membantu.

Yang masih agak kacau, jadwal tidurnya Diana. Kalau belum jam 23.00 atau 24.00 belum mau tidur. Untungnya, sekalinya bisa tidur, pulas sampai pagi, cuma bangun dua atau tiga kali buat minta ASI, itupun cuma sebentar. Bangunnya jadi siang deh, jam 09.00 atau jam 10.00. Emaknya yang nggak enak sama si Pak Bos, karena ngantornya jam makan siang baru sampai. HAHAHAHAHA….

Tulisan ini sudah 76,905 kali dibaca

12 thoughts on “Bayi 7 Bulan Bisa Apa Saja?

    1. Baru beberapa kali sih Bu dibikinin makanan home made. Selebihnya masih instan.
      Tapi susunya ASI.

  1. kalau dulu Afa tengkurap di usia 4 bulan.. perkembangan BB dan TB berjalan normal (meningkat dari bulan ke bulan) cuman di 7 bulan Afa belum merambat.. baru di usia 12 bulan baru merambat dan bisa berdiri sendiri walau masih takut untuk melangkahkan kaki.. iya mbak gak berasa anak makin hari makin pinter.. gak inget waktu kemarin2 gimana repotnya pas istri hamil dan baru melahirkan hehe

  2. Ya memang perkembangan anak itu sendiri-sendiri ya, Mas. Siapa yang nyangka, anak yang umur 5 bulan belom bisa tengkurep aja sekarang perkembangannya cepat banget gini…

  3. salam kenal mba, mau nanya bubur instannya kl untuk usia 7 bulan merk apa ya?trus belinya dmn? trimakasii

    1. Banyaaakk banget, Mbak Kiky mereknya di mini market juga tinggal pilih. Saya cobain hampir semua merek, dan berikan yang cocok dan disuka anak, hehe…

  4. halo salam kenal, asyik ya Diana usia 7 bulan sudah bisa tengkurap jalan, dan berdiri. Anakku arraya usia hampir 8 bulan masih blm bisa duduk sendiri. merangkak pun blm bisa, hanya tengkurap saja.

    1. Hai, Mom. Tiap anak beda-beda pertumbuhannya. Semoga Arraya juga cepet merangkak dan bisa duduk sendiri ya.

  5. Ya anak ku dedek farhan lum bisa duduk sendiri,tp klo ngoceh banyak dan main nya,apakah anaku dlm kategori lambat dlm perkembangan nya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *