Bayi 3 Bulan Tengkurap, Menegakkan Kepala

Bayi 3 bulan tengkurap

Memperhatikan perkembangan bayi dari hari ke hari, minggu ke minggu dan bulan ke bulan, tak terasa dedek Diana sudah lewat 3 bulan usianya. Yeay! Apa saja nih yang sudah bisa dilakukan dedek Diana?

Dedek Diana sudah bisa mengangkat kepalanya saat badan ditengkurapin. Memang belum bisa tengkurap sendiri, tetapi dia sudah belajar mengangkat pantatnya dengan cara menjejak-jejakkan sebelah kakinya ke kasur, dan bokong di goyang-goyang supaya bisa muter badannya. Tapi berhubung badannya lumayan berat, sampai hari ini belum berhasil membalikkan tubuhnya sendiri ke posisi tengkurap.

Setelah muncul kemampuannya mengangkat dan menegakkan kepalanya sendiri saat ditengkurapin, hilang satu kebiasaannya selama ini: tidur ketika tengkurap. Dulu, sebelum bisa mengangkat kepalanya, dedek Diana biasa tidur sendiri saat tengkurap. Tidurnya bisa antara 30 menit hingga 1 jam. Nah sekarang, tengkurapnya paling lama cuma 5 menit, karena dedek Diana selalu mengangkat kepalanya, dan kalau sudah capek pasti menangis, tandanya harus segera dibalikin lagi ke posisi semula, telentang.

Saat tengkurap dan mengangkat kepalanya, dalam waktu singkat dia akan sendawa (glegekan), mengeluarkan udara yang ikut masuk saat menyusu. Menyendawakan dedek Diana jadi lebih mudah karena tidak perlu menggendong, mengangkat dalam posisi badan tegak sambil puk-puk punggungnya. Cukup membalikkan badannya saja ke posisi tengkurap, sekaligus mengajarinya menegakkan kepala.

Di foto itu dedek Diana juga dipakein sarung tangan, hal baru baginya, karena sejak lahir justru nggak pernah pakai sarung tangan. Ada dua alasan, yang pertama kukunya suka nyakar muka dan bikin luka. Yang kedua, jari tangannya bisa masuk semua ke dalam mulut, sambil ngorek-ngorek dan akhirnya bakalan gumoh.

Dalam waktu singkat, sarung tangannya juga bakalan basah karena digigitin, tapi lumayan berhasil mencegah kukunya beraksi menyakar muka sendiri. Kalau sudah berhasil digunting kukunya, baru deh sarung tangan bisa dilepas. Sekarang baru diajarin megang teether, supaya jarinya nggak digigitin lagi. Di tulisan selanjutnya saya cerita soal teether bayi ini ya. Tunggu aja. 😀

Tulisan ini sudah 25,115 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *