Balita Jatuh Dari Tempat Tidur, Perlu Cemaskah?

Balita Jatuh Dari Tempat Tidur

Diana Nyonyor

Kejadiannya sudah sekitar 2 minggu lalu sih, ini. Diana jatuh dari atas tempat tidur saat bermain loncat-loncatan. Biasanya loncatnya di deket tembok, lha ini entah kenapa dia kesenengan, kali ya, jadinya minggir deh. Karena luka memarnya cuma di bibir doang, waktu itu nggak saya bawa ke dokter, tapi cuma saya olesin aja lukanya dengan madu sampai sembuh. 

Apakah saya panik? Kaget iya, tapi terlalu panik enggak. Biasa saja, karena saya juga yakin, ini bagian dari pertumbuhan anak balita. Kalau sudah mulai banyak gerak, ya pastinya bakal muncul kejutan-kejutan kecil yang tidak kita duga sebelumnya, seperti jatuh dari tempat tidur atau dari tempat-tempat tinggi yang dipanjatnya. Meja atau jendela, misalnya. Selain jatuh dari tempat tidur, yang sering kali terjadi adalah anak terpeleset.

Saya baca, jika anak terjatuh dan sempat kehilangan kesadarannya, itu yang perlu dibawa ke dokter. Tetapi kalau menangis, justru pertanda baik, dan hanya perlu diobservasi keadaannya. Setelah menangis, tidak lama Diana bisa diam. Trus main lagi. Bahkan setelah itu kalau ditanya tadi pas jatuh nangis enggak? Diana jawab enggak. Sakit nggak bibirnya? Enggak, jawabnya. Hehehe. Yang saya takutkan cuma 1, jadi sariawan dan susah makan.

Ini kejadian jatuh dari tempat tidur yang kedua buat Diana, dan dua-duanya sama-sama bikin bibir jontor. Agak nggak terlalu khawatir dibandingkan kalau jatuhnya nggledag (kepala bagian belakang yang kena lantai).

Hasil dari browsing, yang perlu diwaspadai saat balita jatuh dari tempat tidur adalah:
[1] Kalau anak kehilangan kesadarannya atau menjadi tidur terus.
[2] Anak mengamuk atau meracau.
[3] Anak muntah-muntah.
[4] Anak menjadi kejang.
[5] Ada benjolan di kepala (terutama di daerah samping).

Related Post

Tulisan ini sudah 3,414 kali dibaca

3 comments on “Balita Jatuh Dari Tempat Tidur, Perlu Cemaskah?

  1. aduh mbak, aku jk ndredeg ndelok fotone Diana sing lambene nyonyor kuwi. hahaha..

    Diana malah mesem ik. Jian kok.
    Menggemaskan hahaha

  2. Wah..anak sy pernah juga mba..loncat2 di kasur..kepala nabrak lemari..6 jahitan deh.panik saat kejadiannya soalny darahnya banyak.tp waktu dijahit dia malah diem ga rewel. Bekasnya masih ada sampe skrg:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,282 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>