Akhirnya Putus Juga Tali Pusat Dedek Diana

Kata orang, semua memang ada waktunya. Kalo memang belom tiba saatnya, yang harus dilakukan ya tetap menunggu. Upaya rutin merawat tali pusat sudah dilakukan. Dua kali sehari saat mandi pagi dan sore hari, tali pusat dibersihkan dengan kapas dan alkohol 70%, lalu dibungkus kasa steril. Namun hingga hari ke 12, tali pusat Dedek Diana tak kunjung putus.

Dedek Diana WahyudiYang saya baca, saat ini sih sudah sangat jarang tali pusat bayi belum putus hingga hari ke 7. Rata-rata seminggu sudah pada puput. Makanya saya ya cukup ketar ketir juga saat Dedek Diana rewel banget, terlihat kesakitan saat tali pusatnya masih saja menggantung di atas perutnya.

Mendengar pengalaman Mama merawat keempat anaknya, juga sama, rata-rata 7 hari sudah putus. Hanya adik laki-laki saya saja yang putusnya lama, 9 hari. Bahkan adik saya hingga hari ke 40 ujung pusatnya masih basah meski tali pusatnya sudah putus, sehingga adik saya belum juga dimandiin sampai 40 hari. Cuma dilap-lap saja badannya setiap hari.

Proses putusnya tali pusat ini juga tidak mudah, terutama bagi ibu yang baru melahirkan anak pertama dan belum memiliki pengalaman mengasuh bayi sebelumnya. Beberapa hari berturut-turut, bisa dibilang saya nggak bisa tidur. Dedek Diana sangat rewel. Sebentar-sebentar bangun dan menangis sangat kencang, tanpa bisa didiamkan. Sudah dikasih minum susu sampai sangat kenyang, masih juga nangis. Namanya juga sakit..

Tangisan Dedek Diana pulalah yang membuat saya bisa menggendong dengan kain selendang (jarik). Saya perhatiin Mama ketika menggendong Dedek Diana, trus saya coba menirunya. Pertama, ya agak kedodoran. Lama-lama gampang juga ternyata.

Kalaupun lagi nangis kejer, Dedek Diana lumayan lebih anteng kalo digendong dengan jarik. Mungkin karena posisi badannya yang menempel dengan badan saya. Dan gendong jarik juga bisa membuat saya leluasa mengerjakan hal lain, seperti melipat popok atau makan saat Dedek Diana tertidur di gendongan. Kalo gendong dengan tangan, mana bisa disambi?

Oiya, tali pusat bayi saat baru dilahirkan kan besarnya kira-kira se-jari tangan ya.. Pas sudah puput, kondisinya mengering dan ukurannya mengecil drastis, menjadi tipis dan berwarna kehitaman. Setelah putus, Dedek Diana menjadi sangat tenang. Nggak pernah nangis kenceng, dan sering senyum-senyum daripada nangisnya.

Semoga yang pada punya dedek bayi, tali pusatnya segera puput ya.. Aamiin…

Tulisan ini sudah 26,706 kali dibaca

3 thoughts on “Akhirnya Putus Juga Tali Pusat Dedek Diana

  1. Salah satu yang membahagiaan adalah saat seperti ini,
    lega rasanya yah 🙂
    semoga sehat selalu dedek diana yah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *