50 Ribu Untuk Makan Sehari, Cukupkah?

Hiya, mau ikutan mbahas yang lagi rame ah, dari pengalaman pribadi saya ya. Dengan budget 50 ribu sehari, cukupkah untuk makan sekeluarga saya sehari?

Dengan berat hati saya bilang, nggak bakalan cukup. Disclaimer dulu ya: saya serumah isi 4 orang, posisi di Jakarta Selatan dan seringnya jajan (masakan mateng).

Bekal Anak Sekolah Bento

Kenapa nggak masak? Ya, kalau ada waktunya, saya juga suka masak, kok. Tapi seringnya memang jajan, tergantung kesibukan saja, karena pekerjaan lain seperti mengurus pekerjaan domestik dan kerjaan digital semua masih dipegang sendiri alias tanpa ART. Jadi ya kalau setrikaan sudah numpuk, saya pilih setrika dulu, makannya tetep jajan, begitu. 

Oke, jadi karena makannya jajan, sudah pastilahya, sehari makan 3 kali 4 orang di Jakarta, nggak bakalan cukup itu 50 ribu sehari. Buat sarapan sama makan siang segitu cukup aja udah bagus, hehehe. Jadi totalnya bisa dua kali lipat dari itulahya, karena malan malam biasanya dibarengi juga dengan sedikit jajanan pendamping.

Belum lagi kalau yang belanjaan bulanan yang berhubungan sama makan dan minum juga ditotal dimasukin ke dalam hitungan. 100.000 per hari juga nyerah deh kalo begitu.

Tapiii, sebenarnya kalau mau masak sendiri mungkin juga bisa masuk hitungan kok kalau mau 50.000 sehari buat sekeluarga. Soalnya belanja seratus ribu juga kadang bisa buat 3 hari, dengan catatan: nggak mudah bosenan sama menunya.

Misal: beli ayam satu ekor, lalu diungkep. Ini paling 45.000 kan ya sudah sama bumbunya beli bumbu gilingan. Beli sosis satu pak isi 15 kualitas biasa, harganya 15.000. Tahu dan tempe 10.000. Sayur sop sama sayur asem 10.000, sisanya bumbu dapur 8.000, sama minyak goreng 12.000.

Nggak bosen, misal masak sayur asem ya bener-bener buat pagi, siang, malam, lauknya tahu dan tempe doang. Sayur sop (pakai tulangan ayam, ceker dan kepala yang nggak ikutan diungkep, hehehe) sama goreng sosis dimakan seharian, pagi, siang dan malam. Trus ayam goreng plus sambal bisa untuk seharian juga.

Iya, itu hitungan belum masuk beli beras, gas buat masak endebre-endebrenya ya. Tapi saya tahu, kok, ada banyak teman yang pastinya cukup dengan uang 30.000an sehari untuk kebutuhan makannya (satu keluarga terdiri dari suami, istri dan satu orang anak).

Saya tahu, setiap keluarga itu unik. Jadi ya tak perlu juga dibandingkan antar keluarga hanya di soal seberapa pengeluarannya dalam hal kebutuhan makan. Karena, ada yang bisa irit di makan, tapi banyak jajan, misalnya.

Ada pula yang pengeluaran makannya lumayan banyak seperti saya (karena jajan), tapi irit di transportasi ke tempat kerja (karena dekat dengan kantor), misalnya. Sedangkan yang makan irit karena sempat memasak sendiri, bisa jadi harus mengeluarkan biaya yang lumayan untuk transportasi hariannya ke tempat kerja.

Belum lagi, besar kecilnya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan makan ini juga adalah tergantung pilihan kita, dan yang pasti juga disesuaikan dengan jumlah penghasilan.

Ada yang memilih memberikan semua makanan yang kualitas super, ada yang maunya konsumsi makanan organik saja, ada yang selalu berbelanja di supermarket yang menjual produk import, ada yang belanjanya di pasar induk, ada juga yang di warung tetangga.

Belum lagi kalau kita ngomongin soal gengsi, soal gaya hidup, soal middle income trap. Tiap kali gaji atau penghasilan naik, gaya dan tempat makan ikutan naik. Ada yang demi feed Instagram kelihatan oke, rela ngeluarin kocek yang kadang nggak masuk akal. Selalu traveling dan wisata kuliner di resto-resto nan heitz. Padahal…..

So, semua itu nggak akan bisa diterapkan di semua jenis rumah tangga. Ngapain juga memaksakan “Halah, harusnya 50.000 ribu ya harus cukup lah untuk makan sekeluarga sehari, kan cuma bertiga!

Jangan begitu, Ferguso. Nggak perlu eyel-eyelan sama teman, apalagi ujung-ujungnya sekarang ini pasti dihubungkan sama siapa pilihan presidennya.

Jadi, kalau teman-teman sendiri gimana? Ada yang mau berbagi pengalaman soal pengeluaran makan dalam sehari di rumah tangganya?

 

Tulisan ini sudah 31 kali dibaca

One thought on “50 Ribu Untuk Makan Sehari, Cukupkah?

  1. aq hampir mirip sama mbak, gak pernah masak, jajan mulu, emang gak bisa masak juga, hahaha ,,, jadi 50 ribu untuk makan sehari CUKUP kalau buat aq doang, anak sama suami yah beda lagi lah,,, hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *