5 Tip Agar Anak Nggak Terlambat Sekolah

Siapa yang dulu kalau sekolah suka telat? Saya sih nggak telat, tapi dateng mepet bel bunyi, dan berangkat suka grasa-grusu karena emang lelet ngerjain rutinitas pagi. Oya, satu lagi: bangunnya siang. Hahaha.

Nah, yang kayak gitu kan sebaiknya nggak kejadian lagi ya di anak nantinya. Tapi saya agak pesimis, kondisi pagi di rumah saya kok ya dalam bayangan aja udah chaos. Duh.

Mengatur Waktu

Harus saya ulang dulu ya, kalau saya ibu bekerja. Jadi pagi hari itu diisi buat nyiapin semua hal yang harus berjalan seharian selama saya tinggal kerja. Semua hal. Karena saya nggak pakai asisten. Jadi sejak pagi udah harus dimaklumi kalau otak juga udah mulai spaneng.

Bisa amburadul kalau misalnya saya lagi jadwalnya nyuci baju, tapi aliran air ithir-ithir. Langsung cenat-cenut, soalnya kalau cucian baju ditumpuk dan sempatnya baru dua hari kemudian, udah kayak gunung itu tumpukan baju kotor. Itu baru satu hal saja. Belom yang lain. Misalnya mau beli sayur udah kesiangan, terpaksa beli agak jauh dari rumah, harus ngeluarin motor. Dan sebagainya dan seterusnya.

Itu belom ada keharusan nyiapin anak berangkat sekolah dan semua harus dilakukan tepat waktu. Kalau anak sudah sekolah kan konsekuensinya selalu ada, supaya anak nggak terlambat masuknya.

Semoga tip berikut berguna juga buat mama-mama yang lagi persiapan buat sekolah anaknya yang pertama kali ya.. Sebagai pengingat buat saya juga, kalau hal-hal simple dan kelihatannya klise seperti ini, kalau beneran dilakuin, bakalan bisa mulus kok ngejalanin rutinitas di pagi hari.

Yang pasti, bangun lebih pagi.

Ya iyalah. Bertambah ‘tugas‘ yang harus dikerjakan, berarti alokasi waktunya juga harus bertambah kan? Bisa juga dengan bangun di jam yang sama, tapi harus ada satu atau dua pekerjaan rutin yang biasanya dikerjakan di pagi hari, diubah ke malam hari sebelumnya.

Contohnya bisa dengan menata tas berisi buku-buku, dan baju yang akan dipakai keesokan hari di malam hari sebelumnya. Ini bukan ‘gue banget‘ sih. Hahahaha. Terbiasa gedubrakan, semua dilakukan di last minute.

Bangun lebih pagi ini juga wajib banget kalau mau bawain bekal makanan buatan sendiri untuk anak sekolah. Saya sih niat, tapi kalau nggak terlaksana, ya palingan nanti baca tip nomer 5 aja.

Tidur yang cukup.

PR banget kan? Kerjaan makin nambah, tetapi tetap harus tidur yang cukup. Ya kurang-kuranginlah maen socmed yang nggak terlalu penting, itu kuncinya. Belom lagi yang suka insomnia, belom bisa merem kalau belom lewat tengah malam, PR banget-nget-nget.

Anak juga ya, dibiasain tidur yang cukup. Waktunya aja sih harus dibenahin kalau Diana. Soalnya dia juga tidurnya (hampir) tengah malam sama kayak saya. Jadinya, susah juga dibangunin kalau pagi. Nah, pas sekolah kan bangunnya mau nggak mau harus pagi, jadi tidurnya harus bener-bener cukup dihitung dari kebutuhan berapa jam anak tidur.

Bikin jadwal sederhana dan mudah diikuti anak.

Dengan gambar yang menarik sih kalau bisa, bikin to do list-nya. Apa saja yang harus dilakukan di pagi hari sebelum sekolah? Misalnya merapikan tempat tidur, mandi dan gosok gigi, lalu sarapan. Memakai seragam dan menyisir rambut.

To do list pagi hari.

Jadwal orangtuanya juga jangan lupa dibuat. Jangan lupa sarapan di pagi hari, dan sepakati juga, siapa yang bertugas mengantar sekolah anak di pagi hari, ayah atau mama cantik?

Alarm tanda harus berangkat dari rumah.

Bisa pakai handphone aja yang praktis, nggak perlu beli jam khusus. Setel misalkan 10 menit sebelum waktu maksimal harus keluar rumah dan berangkat menuju sekolah. Setiap pagi alarm berbunyi sebagai tanda keberangkatan, bukan hanya sebagai penanda waktunya bagun tidur.

Nggak usah panik, yang instan itu nggak haram.

Ini last tip ya. Mungkin nggak terlalu bagus tipnya, ngajarin sesuatu yang nggak ideal. Ya jangan dicontoh kalau dianggap nggak bener.

Saya sih angkat tangan duluan tinggi-tinggi kalau setiap hari harus ngebawain bekel anak yang isinya masakan sehat mamanya melulu. Helaw.. Utak-utik di dapur dan menghasilkan tumpukan cucian piring dan alat masak segunung itu bikin kepala mau meledak kalau siangnya harus ada kerjaan yang rempong di kantor.

Nggak papalah sesekali anak dibekelin susu dalam kemasan, makanan ber-msg dalam kemasan, atau permen coklat yang bisa bikin gigi bolong-bolong dalam sekejap ituh.. Masih pilihan yang lebih bijaksana menurut saya dibandingkan dengan jajanan es merah merona di si abang-abang pinggir jalan lah.

Kalau mau lebih sehat ya stok buah sih. Aman dan sehat buat bekel anak (kalau anaknya doyan).

Tulisan ini sudah 31,228 kali dibaca

One thought on “5 Tip Agar Anak Nggak Terlambat Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *