5 Langkah Sederhana Agar Tetap Lancar Ngeblog di Tengah Padatnya Jadwal

Kegiatan ngeblog memang sudah umum di kalangan masyarakat saat ini. Dengan kemudahan akses komunikasi digital, sebuah blog bisa memiliki kekuatan yang hampir sama dengan media online mainstream pada umumnya dalam menyebarluaskan informasi. Melalui internet, seorang blogger mampu berperan aktif mengedukasi masyarakat, sehingga perannya saat ini tidak boleh diremehkan lagi. Maka, penting bagi seorang blogger untuk lebih rutin lagi membuat konten-konten yang bermanfaat, walau harus mengorbankan waktu istirahat. Bahkan di tengah padatnya jadwal sebagai pekerja kantoran atau ibu rumah tangga, misalnya.

Namun, membuat konten di sela-sela padatnya jadwal kerja full-time di kantor dan mengurus keluarga bisa jadi overwhelming dan terasa berat. Bayangan akan waktu istirahat yang banyak berkurang dan pekerjaan-pekerjaan utama yang mungkin terbengkalai pun terlihat nyata. Walau begitu, ada baiknya apabila Anda memulainya sedikit demi sedikit melalui 5 langkah sederhana berikut ini:

1. Tentukan target jangka pendek dan panjang

Saat Anda sudah mulai memonetisasi blog, langkah awal untuk benar-benar mengelolanya secara serius adalah dengan menentukan target jangka pendek dan panjang. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan program kerja yang sudah dibuat. Adanya target pun mampu memudahkan Anda sebagai blogger untuk merumuskan strategi pembuatan konten. Jika Anda pemula, Anda bisa memulainya dengan membeli domain murah dan merencanakan konten apa yang akan diposting di blog.

2. Rencanakan secara realistis dan sederhana

Dalam menentukan target, Anda harus bersikap realistis dan tidak terburu-buru. Anda bisa saja menentukan pencapaian berupa pageview yang meningkat maupun pendapatan yang masuk berkali-kali lipat. Namun, target tersebut harus dibarengi dengan perencanaan yang matang dan langkah-langkah yang nyata. Apabila menghasilkan 100 artikel dalam setahun terasa begitu berat, maka break down lagi target Anda menjadi 7-10 artikel per bulan. Dari situ, Anda masih bisa membaginya lagi ke target-target jangka pendek yang lebih sederhana.

3. Lakukan pembagian waktu untuk pembuatan konten

Menjadi pekerja kantoran sekaligus mengurusi blog di sela-sela kesibukan kerja kantor bukanlah perkara mudah. Untuk sekadar mengambil foto pun kadang rasanya susah sekali. Mengetik draft artikel blog di komputer sambal menikmati secangkir kopi di pagi hari pun terasa mustahil. Mau tidak mau, Anda memang harus meluangkan waktu untuk membuat konten. Anda bisa memulainya dengan membuat list semua agenda harian hingga bulanan. Dari sana, Anda bisa kira-kira sendiri, kapan waktunya untuk mengambil foto, mengeditnya, membuat outline artikel, mengetik draftnya, melakukan posting sampai membagikannya di media sosial.

4. Berikan komitmen yang terbaik

Langkah ini mungkin terdengar klise, atau bahkan memang sangat klise. Namun, alasan utama mengapa seorang blogger mampu atau tidak mampu menjaga performa blognya bisa dilihat dari komitmennya. Tips apapun yang Anda baca mengenai cara sukses menjadi blogger atau cara mendapatkan lebih banyak penghasilan melalui blog, tidak akan mampu mengubahnya bila Anda tidak memiliki komitmen untuk mengembangkannya. Ada kalanya Anda memang harus mengorbankan waktu untuk melakukan hal lain. Namun jika Anda sudah mengaturnya sebagai prioritas, Anda tidak akan meninggalkannya begitu saja.

5. Jangan terlalu banyak alasan dan kerjakan!

Ya, mungkin saat ini Anda sudah mulai dan berprogres menjadi blogger profesional. Akan tetapi, keinginan Anda untuk menjadi blogger dengan pembaca dan pendapatan yang banyak hanya tetap menjadi angan-angan jika Anda tidak disiplin dalam membuat konten blog. Jangan banyak alasan! Kerjakan saja apa yang sudah Anda rencanakan. Latihlah diri Anda untuk lebih disiplin dan terus berusaha meluangkan waktu untuk mengerjakan apa yang sudah Anda prioritaskan. Dengan begitu, sesibuk apapun Anda di kantor dan mengurus keluarga, Anda bisa tetap menjadi blogger yang profesional.

Jadi, apakah sudah siap lancer ngeblog di tengah padatnya jadwal?

Related Post

Tulisan ini sudah 311 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,379 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>