101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

Addition

addition

[61] Lembaran seperti ini untuk anak yang baru banget belajar hitungan penambahan ya. Karena ada gambarnya, jadi bisa langsung dihitung sambil ditunjuk satu per satu pada gambar.

[62] Teman-teman bisa cetak langsung banyak berbagai printable di Worksheetfun, dan semuanya gratis. Saya seneng banget karena nggak harus beli-belian buku lembar kerja yang harganya lumayan juga ya. Tinggal stok kertas aja banyak-banyak. HAHAHAHA.

blajar tambah-tambahan

belajar penambahan

[63] Kalau yang ini saya inget jaman saya sekolah dulu. Diajarin tambah-tambahan ya modelnya seperti di atas ini. Nostalgia deh jadinya. Sekarang pas ngajarin anak, jadi ngerti ternyata banyak banget cara yang bisa kita pilih buat ngajarin anak, bahkan sejak usia pra-sekolah.

Shortest Vs Longest

belajar panjang pendek

[64] Mengajarkan anak memahami konsep panjang pendek. Juga ukuran sedang (di antara panjang dan pendek). Jadi anak bisa diminta menyebutkan: pendek, sedang, sedang, panjang (sambil menunjuk). Atau, pendek, sedang, lebih panjang, paling panjang. Begitu juga sebaliknya.

Circle The Picture That Is Different

belajar kelompok

[65] Udah ada ya kayaknya di atas yang versi berwarnanya. Nggak papalah. Belum tentu juga teman-teman baca semua worksheet yang ada di tulisan ini. Masing-masing bisa saja tertarik pada sebagiannya. Worksheet seperti ini mengajari anak memahami bahwa dalam satu kelompok, bisa jadi ada yang berbeda.

Count And Match

count and match

[66] Di sebelah kiri ada angka yang bisa dicocokkan dengan jumlah hewan yang ada di sebelah kanan. Anak diminta menghitung hewannya dan menghubungkan dengan garis ke angka di sebelah kiri.

Worksheet buatan Worksheetfun ini emang fun banget deh. Berguna banget buat mama-mama yang belum punya printer warna. Gambarnya bagus-bagus, kalau mau diwarnain dulu sebelum dikasih ke anak, jadi bikin belajar makin fun. Saya rekomendasiin banget deh buat ubek-ubek Worksheetfun (link hidup di akhir tulisan, yak). Count and match ini cocok buat anak prasekolah karena mengajar berhitung jadi menyenangkan.

Numbers 1-10

numbers 1-10

[67] Dari selembar worksheet ini, anak bisa belajar empat hal sekaligus tentang angka. Ada lambang angka 1 sampai dengan 10, ten frames, number word dan tally. Jadi inget, dulu saya belajar berhitung pakai lidi yang dipotong-potong dan diiket pakai karet. Ada yang masih ngalamin pengalaman kayak saya?

Dot Art Alphabet Worksheet

dot art alphabet

[68] Kalau printable ini, cukup dicetak pakai tinta hitam saja, makanya langsung saya print masing-masing huruf sebanyak tiga lembar, dikalikan semua huruf besar dan tiga lembar dikalikan semua huruf kecil. Rencananya nanti satu ditempelin dot sticker warna-warni yang sudah saya beli kemarin di toko buku. Yang satu biar diwarna-warni pakai spidol atau krayon. Dan satu lembar lagi dimasukin plastik PP pocket biar dicoret-hapus-coret-hapus sama Diana.

Write Each Missing Number

write missing number

[69] Untuk angka 1 sampai 10 saat ini Diana udah lumayan lancar, tahu bentuknya. Cuma kadang masih ketuker nyebut 6 dan 9. Worksheet ini buat melancarkan belajar angka 1 hingga 10. Terdiri dari dua lembar, satu lembar lengkap ditulis angka 1 sampai 10, satu lembar lagi ada kolom kosongnya. Kolom kosong itu nanti diisi dengan angka seharusnya. Karena Diana belum bisa menulis, paling saya minta menyebutkan angkanya saja, saya yang menulisnya.

Hundred Chart Puzzles

hundred chart puzzle

[70] Ini saya print di atas kertas putih sebagai contoh. Aslinya saya print di berbagai kertas warna dan saya gunting menyerupai puzzle. Bisa dilihat di gambar yang saya sertakan berikut, pernah saya upload di Instagram.

Foto kiriman Diana Wahyudi (@dianawahyudi) pada

Sekalian iklan ya, boleh lho follow instagram saya di sini.

Tulisan ini sudah 19,264 kali dibaca

6 thoughts on “101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *