101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

Color Matching

color matching

[41] Lembaran belajar nyocokin warna gini, fun banget buat anak-anak. Bisa dikenalin mulai usia 2 tahunan deh. Buat anak yang udah lebih besar, bisa sambil belajar bahasa, misalnya warna-warna dalam Bahasa Inggris.

Circle The Lighter Objects

worksheets untuk anak prasekolah

[42] Anak belajar konsep berat dan ringan melalui gambar. Dari yang saya baca, lembar kerja semacam ini melatih logic skill dan menguatkan dasar arithmetic/calculations dan estimasi.

Circle The Shorter Picture

anak sebelum sekolah

[43] Anak belajar konsep pendek dan tinggi melalui gambar. Dari yang saya baca, lembar kerja semacam ini melatih logic skill dan menguatkan dasar arithmetic/calculations dan estimasi.

Count From 1-20

belajar berhitung

[44] Seru lho, mainan seperti ini. Anak diminta mencari angka 1 sampai dengan 20 dan menghubungkannya dengan garis. Sepertinya terlihat sederhana, tapi bisa jadi di awal-awal mengerjakan, anak akan kesulitan dan mengalami kesalahan juga, lho, buibu…

Score Charts Dice Game

berhitung sebelum TK

sekolah TK

main dadu

[45] Permainan ini kita perlu bikin dadu terlebih dahulu. Gambarnya bisa macem-macem, banyak juga kalau mau cari yang sudah jadi tinggal print seperti di atas. Kalau sudah jadi dadunya, nanti anak lempar. Setiap gambar yang muncul, anak memberikan tanda centang pada kotak yang ada. Nanti anak diminta menghitung, mana gambar yang paling banyak keluar dari main lempar dadu tersebut.

Line Maze

cinderella

[46] Di nomer 24 di atas sudah ada simple maze. Ini versi yang udah agak susah ya. Tapi kalau anak udah ngerti cara mainnya, biasanya mereka tertantang sendiri, kok, sampai bisa menemukan jalan keluarnya. 😉

Airplane Trail

garis lurus

[47] Lembaran kerja semacam ini mengajari anak membentuk garis sekaligus belajar angka satu sampai dengan 10.

Help The Princess Get To The Carriage 

[48] Mirip dengan permainan maze, hanya saja ini tidak ada pencarian jalan keluar. Anak belajar menggaris mengikuti pola yang sudah diberikan. Kalau Diana, dia agak gatel sih kalau garis yang dibuatnya melewati sisi-sisi garis jalannya. Menggaris sampai di tengah jalan dihapus lagi. Padahal saya sudah bilang nggak papa. Eh, tetep aja maunya sempurna.

Trace The Shapes

[49] Dengan gambar yang lucu-lucu gini, mendorong anak lebih semangat belajar ternyata, lho. Saya pernah berikan gambar yang tidak berwarna, minat buat nyentuh worksheet-nya nggak ada. Kalau seperti ini, Diana mau belajar menggaris sesuai dengan bentuk yang diajarkan. Worksheet dari Giftofcuriosity, link-nya ada di akhir tulisan ini ya, manteman.

Trace The Lines

peri

[50] Anak perempuan biasanya lebih tertarik dengan tema-tema princess. Teman-teman bisa menyesuaikan jika anaknya laki-laki, superhero, misalnya. Bukan berarti kalau anak laki-laki nggak boleh dikasih princess theme ya… Sila mencari di mesin pencari dengan kata kunci yang dikehendaki. Printable di atas dari 1plus1plus1equal1. Link saya letakkan di akhir tulisan ya. 

Tulisan ini sudah 19,263 kali dibaca

6 thoughts on “101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *