101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

Menulis huruf besar

[31] Menulis huruf F. F ada di dalam kata Flower (bunga). Anak selain belajar huruf, juga bisa sambil belajar berhitung dalam satu worksheet yang sama. Kelebihan worksheet yang ada dalam postingan ini adalah kebanyakan berbahasa Inggris. Jadi ya sekaligus juga untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak.

Count And Classify

count and classify

[32] Model ini hampir mirip dengan I Spy sih ya. Tapi yang ini mengklasifikasikan warna, bentuk dan ukuran. Anak diminta menghitung benda yang berwarna kuning dan hijau. Membedakan yang kecil dan besar. Lalu menghitung jumlah yang kotak dan bulat.

belajar mengklasifikasikan

[33] Lembar kerja ini membuat anak belajar perbedaan anak laki-laki dan perempuan. Anak diminta mengklasifikasikan yang mana anak laki-laki, dan yang mana saja anak perempuan. Berapakah jumlah mereka?

Beach Item Sorting Activity

Sorting

[34] Halah, yang beginian kan gampang banget, mungkin begitu batin orang dewasa. Ish, belum tentu. Lha nggak semua anak-anak juga udah pernah diajakin jalan-jalan beneran ke pantai, kan? Ya, kan? Ya, kan? Hayo ngacung yang belum genap 10x ngajak balitanya main-main ke pantai. Hahahaha. Setidaknya, meski nggak diajakin ke pantai, diajarin tentang pantai, laut, isinya, kan harus, kan ya? Worksheet ini memilah antara barang-barang yang biasa dibawa orang ke pantai, atau tidak. Printable berasal dari Giftofcuriosity (link berada di akhir tulisan).

Word Matching Activity

Word Matching Activity

[35] Kalau anak sudah diajarin nulis, bisa nih, dikenalin sama worksheet yang seperti ini. Trace the alphabet masuknya ya. Kalau udah bisa baca juga, pas banget, jadi bisa sekalian nyocokin sama gambar yang ada di sebelah kirinya.

Connect The Dots By Number Activity

connect the dots

[36] Di lembaran seperti ini, anak belajar mengurutkan angka dari yang kecil hingga yang besar. Pada akhirnya membentuk sebuah gambar. Selain belajar angka, anak juga belajar menggaris, menghubungkan antar dua titik.

Addition

tambah-tambahan

[37] Model tambah-tambahan ini worksheet-nya macem-macem. Saya seneng worksheet yang kreatif kayak gini meskipun hanya soal penambahan sederhana, tapi bikin anak senang belajar. Dijamin nggak bosen deh jadinya.

belajar tambah dan kurang

[38] Saya punya kepingan angka kotak-kotak 1 sampai dengan 100 yang sudah dilaminating. Dibikin yang muat dipasang di kotak di gambar di atas ya. Jadi tinggal ganti-ganti aja soalnya, nanti anak diminta pasang angka jawaban yang benar di kolom hasilnya.

Prasekolah

[39] Yang ini lebih fun lagi, karena pakai kelinci yang melompat di atas angka. Orang tua bisa kasih penjelasan, bahwa menambah itu berarti melompat maju sekian langkah. Hasilnya bisa langsung dilihat di penggarisnya.

Shadow Matching

shadow matching

[40] Kegiatan seperti ini melatih visual discrimination sklill pada anak. Di sebelah kiri ada gambar yang colorful, dan di sebelah kanan ada gambar bayangannya berwarna hitam. Anak diminta menghubungkan antara gambar benda dengan bayangannya. 

Tulisan ini sudah 19,268 kali dibaca

6 thoughts on “101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *