101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

[21] Count the picture model berikutnya adalah worksheet seperti di atas ini. Jika sebelumnya anak memilih jawaban (berarti anak mengenal angka), nah yang ini anak diminta belajar menuliskannya. Tenang, sudah ada garis titik-titik yang anak dengan mudah bisa mengikutinya.

Math Addition

math addition

[22] Kalau anak sudah mulai belajar berhitung, menambahkan, worksheet seperti ini bagus digunakan. Di sebelah kiri anak bisa diajak menghitung bendanya, di sebelah kanan anak bisa diajak belajar menuliskan angkanya. Banyak worksheet serupa yang bisa ditemukan di Education. Sila ke bagian bawah postingan ya, jika ingin tahu link website-nya.

Sink Or Float

sink or float

[23] Bukan berarti anak prasekolah diajarin gaya Archimedes ya, hahaha. Dikenalin aja, bahwa ada benda yang akan mengapung, melayang dan tenggelam di dalam air. Itulah makanya anak diajarin berenang, supaya nggak tenggelam kalau nyebur di air. Paling bagus sih mengerjakan worksheet ini sambil praktek, jadi anak dikasih berbagai benda yang ada di gambar worksheet dan diminta memasukkannya ke dalam air.

Simple Maze

maze

[24] Maze atau labirin jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti jaringan jalan yang ruwet, simpang siur. Belajar maze berarti mengajari anak secara spasial dan anak bisa menemukan solusi dari kegagalan. Berapa banyak kesalahan yang harus dilalui sebelum dia berhasil menemukan jalan yang benar? Mulai dari worksheet maze sederhana seperti di atas, hingga akhirnya nanti bisa mengerjakan worksheet maze yang jauh lebih rumit.

simple maze

[24] Worksheet yang ini menurut saya lebih rumit daripada worksheet sebelumnya. Orang tua juga bisa mewarnai bunga, kupu-kupu dan kura-kura jika menginginkan worksheet yang lebih menarik, karena memang Worksheetfun lebih banyak menyediakan lembaran yang cukup di-print dengan tinta hitam saja. Link ada di bagian akhir tulisan ya.

Shape Trail 

shape trail

[25] Belajar shape trail berarti anak mengerti kata kunci dan arah. Setelah diberitahu bahwa kata kuncinya dalah bentuk tertentu, anak akan mengikuti arahnya. Dalam satu halaman di atas disediakan beberapa bentuk geometri yang bisa kita ajarkan kepada anak. Nah, tugasnya nanti si anak menghubungkan bentuk yang diminta menjadi sebuah garis, dengan mengikuti alur dari start hingga finish. Dalam worksheet di atas, diminta untuk mengikuti jejak berbentuk trapesium dan mengabaikan bentuk yang lainnya.

Color Trail

belajar membedakan warna

[26] Untuk anak yang sedang belajar warna, kegiatan ini cocok banget. Mungkin udah bisa dimulai dari anak berusia 2 tahun ya, dengan menunjuk-nunjuk. Untuk Diana, saya mengajarkan seperti ini untuk semakin melatih kelihaiannya memegang alat tulis dan membentuk garis-garis. Supaya nanti kalau sekolah udah lumayan lancar. Anak juga menjadi mengetahui arah, orang tua bisa menjelaskan arah ke kanan, ke bawah, ke kiri.

Uppercase And Lowercase Letter Matching

letter matching

[27] Sebagai awalan mengajari anak huruf besar dan huruf kecil, orang tua dapat mencetak masing-masing dua lembar worksheet di atas. Yang pertama digunakan sebagai kunci, sedangkan yang kedua digunting (sebaiknya dilaminating supaya awet, bisa digunakan berkali-kali) dan anak diminta mencari pasangannya. Boleh melihat lembaran worksheet yang masih utuh sebagai bantuan.

I Spy: Fruit

I spy activity

[28] Kembali worksheet tentang hitung-menghitung. I Spy namanya. Dalam satu lembar worksheet terdapat banyak gambar dalam posisi yang tidak beraturan. Anak diminta menghitung banyaknya masing-masing benda yang dapat ditemukan. Printable berasal dari AndnextcomesL.

Writing The Letter

Diana belum secara intensif saya ajarin baca tulis huruf dan angka, sih. Baru ngenalin dikit-dikit doang. Tapi printable-nya udah jauh-jauh hari saya siapin. Buat jaga-jaga kalau anakna nanti udah tertarik buat belajar. Berikut beberapa worksheet sebagai contohnya ya. Tentu saja semua huruf dibikin worksheet-nya ya, baik huruf besar maupun huruf kecil.

belajar menulis prasekolah

[29] Menulis huruf k. Awalnya anak diminta untuk mencari dan mengenali huruf k dari satu kalimat yang diberikan. Setelah itu diminta mengikuti garis putus-putus yang mengikuti huruf k tersebut. Jika sudah bisa, anak diminta menuliskan huruf k tanpa bantuan garis. Printable dari Education (link ada di akhir tulisan ini).

cara mengajari anak menulis

[30] Menulis huruf W. Jika huruf k di atas adalah huruf kecil, di worksheet ini belajar huruf W besar. Caranya sama dengan printable sebelumnya. 

Tulisan ini sudah 19,262 kali dibaca

6 thoughts on “101 Worksheets Untuk Anak Prasekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *