10 Kiat Agar Anak Cerdas (Infografis)

10 Kiat Agar Anak Cerdas (Infografis)

Terinspirasi dari Istiana yang suka bikin infografis, saya mau ikutan. *blogger kok bisanya cuma ikut-ikutan, celetuk yang suka nyinyir* *yo ben, jawab saya* Hahahaha. 

Dari infografis yang saya buat dari tulisan ini, saya coba jabarkan satu per satu ya. Yang pertama adalah stimulasi dini. Stimulasi dini pada anak dengan memberikan rangsangan pada panca indera dapat meningkatkan kecerdasan anak. Rangsangan berupa pemijatan dapat menstimulasi indera-indera tersebut dengan optimal, dan anak akan menjadi cerdas. Kecerdasan ini juga merupakan keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk menyampaikan ide dan perasaan.  Semua indera ya, yang distimulasi, mulai dari penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap serta peraba. Buat saya, memandikan anak adalah salah satu cara memberikan stimulasi ini.

Cara melakukan stimulasi pada bayi ini harus dilakukan dengan cara perlahan dan frekuensi yang berulang-ulang ya. Bukan dengan overstimulasi atau melakukannya secara bertubi-tubi dan dengan suara yang mengganggu.

Pada prinsipnya, banyak barang di sekitar kita yang bisa digunakan untuk memberikan stimulasi, tak harus dengan alat-alat atau permainan yang mahal. Mainan buatan sendiri pun bisa kita pakai, yang penting sebagai orang tua kita bisa menciptakan lingkungan yang mendorong pembelajaran.

Jangan terlalu banyak melarang kegiatan yang dilakukan oleh bayi kita hanya karena kita khawatir bayi menjadi kotor, misalnya. Jika kita memberikan kebebasan kepada bayi untuk bereksplorasi, itulah saatnya mereka belajar mengembangkan ketrampilan dan melatih kepercayaan dirinya. Respon selalu ya sinyal yang diberikan oleh bayi. Misalkan bayi menangis, coba pahami apakah dia lapar, mengantuk ataukah tidak nyaman. Respon dari orang tuanya akan membuat bayi merasa diperhatikan.

Meskipun bayi belum mengerti apa yang orangtuanya katakan, tetapi selalu ajaklah berinteraksi dengan bercakap-cakap. Salah satu kegiatan yang dipercaya akan menumbuhkan kecerdasan pada bayi adalah dengan membacakan buku cerita kepada anak. Isi cerita bisa meningkatkan memori dan warna-warni melatih sensori penglihatannya. Oh iya, jangan lupa berikan pujian dan kata-kata positif, setiap kali bayi menunjukkan kepintarannya ya.

Tulisan ini sudah 1,193 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *