10 Ide Bekal Sekolah Untuk Anak TK dan PAUD

Hiyah, sok iye bener ya saya, ngasih-ngasih ide bekal ke sekolah untuk anak TK dan PAUD, padahal masih pemula banget di bidang ini. Ya nggak papa lah ya buibuk. Namanya juga blogger yang apa aja ditulis. *bikin pembenaran*

Ini bekal yang saya kasih ke Diana ya, anak saya yang saat ini sekolah TK. Bekalnya mungkin agak ribet karena beberapa ide ini pakai tempat bekal Yumbox yang terdiri dari 6 sekat. Dengan wadah 6 sekat, berarti juga harus berfikir menyiapkan 6 macam masakan/kudapan ke dalamnya.

Tapi ini juga cuma ide ya buibuk, nggak perlu dicontek plek. Saya juga seringnya dapet ide pas lihat-lihat bekal mommy-mommy di Instagram yang mbawain buat anaknya ke sekolah. Lalu saya bikin catatan, kira-kira makanan atau jajanan apa yang Diana doyan dan suka. Nggak semua makanan juga kan cocok dengan lidah dan kebiasaan makan anak. Ya, siapa tahu ada yang nggak ngasih ciki-cikian makanan ber-MSG, permen dan coklat ke anaknya.

Trus, ada komentar, wah saya nggak punya banyak waktu nyiapin bekal anak dengan dihias-hias. Ya nggak papa juga. Ini memang saya lagi pengen nyoba hal yang baru aja, dan ternyata mengasyikkan juga menghias bekal alias bikin bento buat bekal sekolah anak. Memang waktunya jadi lebih agak lama, apalagi ditambah dengan bikin dokumentasi biar bisa di-share ke sosial media, hahaha. Udah terbiasa semua dipamerin, jadi pas berhasil bikin sesuatu yang bagus, jadi ketagihan deh menghasilkan foto bekal anak yang lucu-lucu.

Sayang juga kan, peralatan bikin bento yang sudah saya beli lebih dari setengah tahun lalu, kalau hanya teronggok saja di pojokan dapur.

Pas baru mulai bikin bekal buat sekolah anak saya juga nggak pakai hias-hias, kok. Peralatan bento saya baru mulai keluar dari tempatnya beberapa hari yang lalu.

Oke, yuk dilihat-lihat beberapa foto hasil bekal yang saya buat. Semoga bisa dijadiin ide buat bikin bekal ke sekolah ya buibuk.

Bekal Anak Sekolah Bento

  1. Ini pertama kali nyobain bikin bekal pakai cetakan nasi dan dihias dengan nori. Nori puncher-nya udah beli lama bangeet, baru dipakai kemaren. Isi bekalnya: nasi, ayam goreng tepung, saos tomat, sayur sop dan genji pie.

Bekal Anak Sekolah

2. Bikin lagi bekal lucu yang isinya beli semua kecuali sayur bayem, hehehe. Diana anak yang suka sayur, makanya sebisa mungkin dikasih sayur ke dalam bekalnya. Isi bekal: nasi, sayur bayem, tahu bacem, permen yupi, pocky dan buah pepaya.

3. Ini isinya: nasi, sayur bayem jagung manis, telur puyuh, permen yupi, ikan kembung dan buahnya kelengkeng kupas. Bekal ini nggak dibawa ke sekolah sih, waktu itu. Saya lupa pas mau ke mana, yang pasti mau jalan-jalan.

Asyiikkk. Perdana nyobain #omiebox yang dateng ke rumah kemaren. Kotak bekelnya langsung dibawa naek kereta api pulang kampung. Diana seneng banget sama kotak bekelnya yang ini, karena bisa bawa sayur sop kesukaannya, tanpa tumpah dan masih bisa anget kuahnya. Yang pengen Omiebox juga bisa ceki-ceki hestek #omieboxmurah #omieboxindonesia #jualomiebox buat cek harga, udah banyak yang jual di Indonesia. Kebanyakan masih PO sih. Bekelnya Diana tadi cuma nasi, sayur sop, ayam goreng dan susu @mymilk_id doang. Makannya lahap. #bekalanak #bekalkesekolah #bekalmakansiang #omieboxidea #omieboxlunch #omieboxinspiration #bekalanak #bekalanaksekolah #bekalanaksehat #bekalsehat #bekalsehatkesekolah #idebekal #idebekel #bekalsekolah #gengbekel #bekelicious #bento #bentobox #lunchbox #lunchtime #healthyfood #yummy #homecooking #homemade #yumbox

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nana (@dianawahyudi) pada

4. Mau bekel yang lumayan cepet nyiapinnya? Sop nggak pernah salah deh. Bekel ini isinya cuma: nasi putih, sayur sop, ayam tinggal goreng dan susu. Gampil, dijamin habis karena kesukaan Diana.

Buibuk, siapa yang besok anaknya sudah masuk sekolah lagi tahun ajaran baru? Diana sih belom. Minggu depan baru masuk. Anaknya juga masih di kampung halaman sekarang. Tapi emaknya udah rempong belajar nyiapin bekel buat sekolah. Merasa terintimidasi sama hasil karya emak-emak kece yang bikin kotak bekel anaknya penuh dengan makanan sehat tanpa MSG. Hahahahaha. Ya sudahlahya, nggak perlu merasa minder. Bikin aja sebisanya. #bekalanak #bekalkesekolah #bekalmakansiang #omieboxidea #omieboxlunch #omieboxinspiration #bekalanak #bekalanaksekolah #bekalanaksehat #bekalsehat #bekalsehatkesekolah #idebekal #idebekel #bekalsekolah #gengbekel #bekelicious #bento #bentobox #lunchbox #lunchtime #healthyfood #yummy #homecooking #homemade #yumbox #momblogger #momblog

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nana (@dianawahyudi) pada

5. Sebagai mamak-mamak yang masih belajar masak, maapin ya, kalau ide bekal yang dikasih di sini mungkin nggak nyambung. Bukan masakan yang seharusnya cocok jadi pasangannya gitu.. Soalnya nyari yang gampang, hehe. Ini isinya: nasi, telur rebus, sama tumis bakso campur wortel dan bawang bombay. Susunya jangan ketinggalan ya. 😉

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nana (@dianawahyudi) pada

6. Giliran Yumbox nih yang dipakai. Bawa bekelnya nasi putih, ayam goreng, telur mata sapi sama tumis sayur kacang panjang dan putren. Dikasih snack juga dan susu dalam kemasan.

7. Tumis masakan idolanya Diana. Pasti habis kalau yang ditumis putren dan jagung manis. Ditambah buah jeruk dan telur dadar, mungkin bekal yang seperti ini bisa buibuk sontek ya.

8. Kalau hari Jumat, karena sekolahnya pulang lebih cepet, jadi saya nggak bawain nasi. Jadi isinya cuma jus dalam kemasan, nutrijel yang saya cetak bentuk doraemon, sedikit sereal, snack keju dan buah jeruk. Masih sisa tuh, nggak dihabisin sama anaknya, hehe.

9. Mau yang agak rumit ngerjainnya? Bawain ayam bakar, hihi. Cocok juga kan sama sayur sop (tetep)? Ditambah susu dalam kemasan, pas bener kenyangnya.

10. Dan terakhir, ini jangan sering-sering dikasih kayak gini ya, Mom. HAHAHAHA. Mie instan ditambah telor dadar. Untung ada sosis sama nori lembaran sama susu. Agak memperbaiki keadaan. Tapi bolehlah kalo bangun kesiangan, siapin bekel seperti ini.

Gimana?

Siap bikin bekal buat anak sekolah TK dan PAUD?

Tulisan ini sudah 5,839 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *