10+ Ide Asyik Menstimulasi Kecerdasan Majemuk si Kecil dengan Bermain ala Morinaga MI Play Plan

 

Si G sudah bisa menghitung sampai 50, lho!” kata ibu-ibu yang saya temui di taman ketika sore hari saya mengajak main Diana. Mudah ditebak, dia pasti sangat bangga anaknya memiliki kemampuan matematika jauh di atas Diana, padahal usianya hanya terpaut beberapa minggu saja. Terlihat dari matanya yang berbinar-binar.

Ya nggak salah juga sih. Namanya juga anak. Siapa yang tak bangga kalau sudah bisa ini-itu, sedangkan teman-temannya belum. Awalnya dulu saya juga begitu. Lalu sedih kalau tahu Diana belom bisa begini, belum bisa begitu, karena mendengar cerita ibu-ibu lain tentang anaknya.

Sekarang? No way, lah ya!

Sudah mempelajari lebih jauh tentang konsep Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) menjadikan saya lebih kalem ketika ada yang show off, karena saya tahu setiap anak itu unik. Mereka punya kecerdasan majemuk yang menonjol sendiri-sendiri, dan jika orangtuanya mampu menstimulasi dengan baik, semua anak akan bisa tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta. 

Multiple Intelligence

Saya sepakat dengan Ibu Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutritionals, bahwa setiap anak lahir dengan potensinya masing-masing yang menjadikannya unik. Setiap orang tua bisa membekali anak mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang dirasa paling bermanfaat dan dibutuhkan, untuk membentuk generasi yang unggul dan multitalenta.

Jadi nggak perlu lagi dong ya, panas hati begitu mendengar kemampuan anak lain yang sudah bisa ini, sudah bisa itu, sedangkan anak kita belum. Mungkin talenta anak kita berbeda dengan anak tersebut. Tugas kita sebagai orang tua adalah mengidentifikasi apa sebenarnya talenta yang menonjol dari anak kita? Apakah anak kita lebih memiliki kecerdasan linguistik dibandingkan logika matematikanya? Apakah anak kita tipe anak yang menonjol kecerdasan naturalisnya dibandingkan dengan musikalnya?

Diana Minum Susu Morinaga

Minum Susu Morinaga Sehat!

Mungkin anak kita menonjol di satu kecerdasan saja, tetapi kecerdasan lain belom terlihat potensinya. Mungkin juga menonjol di beberapa atau banyak kecerdasan. Nah, buat mengenali apa saja Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) yang ada pada anak kita, bisa langsung cuz ke website Morinaga MI Play Plan

Kecerdasan Diana Berkat Morinaga MI Play Plan dan MoriCare+ Prodiges

Akan ada 64 pertanyaan yang harus dijawab, sebagai bahan untuk menganalisa kecerdasan apakah yang menonjol pada anak kita. Hasil dari identifikasi yang saya lakukan pada Diana adalah Diana excellent di kecerdasan interpersonal, intrapersonal dan visual spatial. Wajar juga sih, karena di usianya saat ini (3 tahun 5 bulan) Diana memang belum saya ajak banyak belajar membaca dan berhitung. Baru sedikit dasar-dasarnya saja. Makanya kecerdasan linguistik dan logika matematikanya belum terlalu terlihat.

Saat ini saya lebih fokus untuk memberikan kebebasan bermain dan memperkaya pengalamannya dengan lumayan sering mengajaknya traveling, mengunjungi tempat dan bertemu orang-orang baru. Saya tidak terlalu memaksa anak untuk belajar. Menyemangatinya saja dengan menyediakan fasilitas untuk bermain dan menghindari membandingkannya dengan anak lain.

Apa Itu MoriCare+ Prodiges?

Moricare+ Prodiges

Yang utama saya siapkan adalah bekal fisiknya yang kuat. Saya memberikan asupan bergizi, ditambah dengan susu Morinaga Chil School Platinum MoriCare+. Mengapa Morinaga Chil School Platinum Moricare+? Karena inovasi MoriCare+ Prodiges yang lebih dari sekedar nutrisi atau beyond nutrition, merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi. Kerja sama yang dilakukan dengan Morinaga Research Center Japan ini turut mendukung kecerdasan multitalenta (brain care), pertahanan tubuh ganda (body defense), tumbuh kembang optimal (body growth), serta kebutuhan nutrisi anak.

Morinaga memfasilitasi para orangtua lewat aktivitas stimulasi untuk mengembangkan potensi Si Kecil, agar tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta. Dalam memberikan dukungan stimulasi, Morinaga berangkat dari filosofi bahwa anak adalah ibarat jari-jari tangan. Ada sepuluh jari tangan, tapi setiap jari punya karakternya sendiri.

Sama halnya dengan anak, jika disandingkan dengan teman-teman sebayanya, setiap anak berbeda walaupun berada dalam tahap usia yang sama. Oleh sebab itu, pemilihan stimulasi ataupun kegiatan tambahan di luar sekolah setiap anak, tidak bisa disamakan.

Mengetahui dan memahami potensi Si Kecil merupakan langkah awal dalam membesarkan dan membantunya berkembang sesuai dengan kepribadian uniknya. Karena mengenali potensi Si Kecil sejak dini, membantu pengembangan karakter dan rasa percaya diri Si Kecil, dalam menghadapi tantangan global nantinya.

Mau dong ya, kalau si Kecil jadi Generasi Platinum? 8 ciri Generasi Platinum adalah:

  • Multitalenta dan memiliki kapabilitas dalam segala bidang.
  • Mempunyai fisik yang sehat, kuat, dan tidak mudah sakit.
  • Memiliki kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi.
  • Berani untuk menghadapi berbagai tantangan, selalu optimis, percaya diri dan kompetitif.
  • Mempunyai keinginan kuat untuk mengejar mimpi dan cita-cita.
  • Mencintai dan mempunyai hubungan baik dengan keluarga, serta membanggakan keluarga.
  • Mampu bersosialisasi dengan baik, mempunyai banyak teman, tidak egois, tidak berkeberatan untuk berbagi dan berempati.
  • Bangga menjadi anak Indonesia dan mencintai budaya-budaya bangsa Indonesia, serta mampu bersaing dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Gabung Ke Morinaga MI Play Plan, Yuk!

Morinaga MI Play Plan

Modul digital persembahan Morinaga itu bisa diakses di website Morinaga MI Play Plan. Sedangkan Moricare+ membangun perisai pada anak melalui nutrisi yang tepat dan seimbang sejak dini. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo / FK Unair Surabaya, tumbuh kembang anak ditentukan dari kekuatan bangunan perisai penyusunnya.

Perisai pelindung yang dimaksud, tersusun dari tiga sisi yang terbingkai menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan. Sisi pertama, terdiri dari stuktur dan sirkuit otak yang terbentuk dengan sehat dan kuat. Sisi kedua, terbentuk dari sistem kekebalan tubuh yang mampu melindungi anak dari paparan negatif lingkungan sekitar. Dan, sisi ketiga terbentuk dari bangunan fisik tubuh yang mampu tumbuh sesuai dengan tahapan usia.

Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ jelas terbaik buat Diana karena emang dari awal sudah cocok dengan susu produksi KALBE Nutritionals ini. Nggak perlu ragu lagi karena KALBE Nutritional emang jagonya dalam memproduksi makanan dan minuman kesehatan di Indonesia. Semuanya top brand seperti Prenagen, Milna, Morinaga, Entrasol, Nutrive Benecol, Fitbar dan Diabetasol. Siapa yang nggak kenal dengan produk-produk tersebut coba?

Stimulasi Multiple Intelligence

Sudah gabung ke website MI PlayPlan? Sudah tahu apa saja kecerdasan yang menonjol pada buah hatinya? Jika sudah, saatnya untuk memberikan stimulasi yang tepat ya. Udah lengkap semua kok modulnya di sana. Tinggal dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Karena satu kecerdasan terhubung dengan kecerdasan lainnya, maka tidak hanya satu saja yang distimulasi ya.

Menurut Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku Ketua Program Studi Psikologi Terapan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Presiden Direktur ESSA Consulting:

Jika si Kecil ingin nantinya tumbuh menjadi Generasi Platinum yang multitalenta, perlu beberapa stimulasi karena untuk bisa unggul di satu bidang seperti musikal misalnya, Si Kecil perlu memiliki dan mengasah kecerdasan lainnya, seperti kecerdasan interpersonal. Kelengkapan modul stimulan MI PlayPlan persembahan Morinaga, dikreasi guna memfasilitasi para orangtua, untuk mengembangkan multitalenta Si Kecil secara konsisten dan optimal.

Berikut 10+ cara asyik  menstimulasi kecerdasan majemuk yang saya berikan untuk Diana, belajar dari Morinaga MI Play Plan. Sebagai ibu bekerja dan harus ngantor kayak saya, website tersebut bermanfaat banget karena kita nggak perlu nyari ke mana-mana ide-ide untuk belajar anak pra sekolah di rumah. Nggak bakal kehabisan ide deh kalau kita praktekkan satu per satu. Printable-nya juga komplit di satu tempat, jadi nggak perlu nyari di tempat lain. Hehehe.

Permainan-permainan yang bisa kita pilih di website Morinaga MI Play Plan sangat beragam. Tetapi ada baiknya kita memilihkan yang sesuai dengan usia si Kecil. Sudah ada kategori berdasarkan usia, dan sebaiknya tidak memilihkan yang masih terlalu sulit dilakukan si Kecil. Satu permainan tidak hanya menstimulasi satu kecerdasan saja. Bunda dan Ayah diharapkan memilih permainan yang dapat mengembangkan seluruh potensi si Kecil.

Media dalam melakukan permainan tidak harus barang-barang yang baru. Bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Gunakan bahan atau benda yang bisa menarik perhatian anak kita. Permainan dan kegiatan ala Morinaga MI Play Plan yang kita lakukan bersama si Kecil akan memberikan pengalaman belajar dan merangsang daya imajinasi dan kreativitas.

Setelah selesai bermain saya biasanya membahas berbagai pelajaran dan manfaat dari permainan, tetapi yang ringan ya, yang sesuai dengan pemahaman anak-anak yang masih dalam tahap belajar.

Kecerdasan Logika Matematika

Kecerdasan logika matematik adalah kecerdasan untuk memahami kondisi atau situasi dengan menggunakan perhitungan matematis, serta melalui penalaran analisa-sintesa.

Beberapa cara asyik menstimulasi kecerdasan logika matematika yang saya berikan kepada Diana diantaranya adalah:

Berhitung Dengan Beads

Kecerdasan Matematika

Dengan beads, anak tidak hanya dikenalkan dengan bentuk tulisan angka, tetapi juga bisa melihat dan memegang langsung perbedaan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Jadi anak juga langsung mengenal kuantitas yang nantinya akan menjadi dasar dalam memahami besar-kecil dan banyak-sedikit. Ada indera visual dan sensorial yang dilibatkan di sini.

Menyelamatkan Hewan Terperangkap Dalam Es dan Hoki Es

Menyelamatkan Hewan dari Es

Bermain Hoki Es

Bermain dengan es itu mengasyikkan. Ada dua yang biasa saya lakukan bersama Diana, menyelamatkan hewan yang terperangkap di dalam es dan juga bermain hoki es. Cara membuatnya praktis, dan anak bisa anteng bermain sambil belajar bersama es.

Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan memahami musik sebagai media untuk mengeskpresikan diri.

Cara asyik yang saya lakukan dalam menstimulasi kecerdasan musikal Diana adalah:

Bernyanyi Dengan Marakas

DIY Marakas

Anak-anak biasanya senang bernyanyi. Termasuk Diana. Begitu saya buatkan marakas, langsung deh bernyanyi dengan lancar, meskipun pelafalan katanya belum jelas. Yuk, intip cara saya membuat marakas untuk Diana.

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis.

Beberapa stimulasi yang bisa diberikan adalah dengan bercerita kepada Si Kecil, meminta Si Kecil menceritakan dan menuliskan kegiatannya sehari-hari, melakukan permainan kata-kata seperti permainan menebak atau permainan menjabarkan suatu objek dengan kata-kata ataupun menghafal syair lagu.

Secara verbal Diana belum begitu jelas melafalkan kata-katanya, tetapi sudah pandai bernyanyi dan hafal banyak lagu. Ini juga efek dari banyak nonton video nursery rhymes di Youtube. Hehehe.

Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

Cara asyik yang saya lakukan dalam menstimulasi kecerdasan kinestetik Diana banyak ragamnya. Beberapa diantaranya adalah:

Membuat Kalung Sendiri

Meronce Kalung dan Gelang Sendiri

Meronce kalung ini bagus sekali untuk melatih konsentrasi dan kesabaran anak. Saya cukup dibuat takjub oleh Diana yang mampu memasukkan satu demi satu manik-manik hingga selesai membuat kalung dan gelang dengan meronce sendiri.

Bermain Pasir Garam Berwarna

Bermain Pasir Garam Berwarna

Mencetak berbagai bentuk binatang dengan garam berwarna adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan buat Diana. Kegiatan ini melatih ketrampilan tangannya dan juga visualnya. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, sehingga nggak terlalu repot dalam persiapannya. Mau juga menstimulasi si Kecil dengan kegiatan seperti ini? Yuk, baca pengalaman saya di sini.

Menjiplak Pola

Menjiplak Pola

Kegiatan pra sekolah Diana tidak hanya melalui permainan-permainan saja. Yang ini adalah belajar mengikuti garis dan pola. Meskipun bisa dibilang belajar, tapi ini mengasyikkan kok buat balita. Mengikuti garis dan pola dalam cetakan, melatih motorik halus jari-jari tangannya. Alatnya bisa dibeli di penjual mainan edukatif.

Kecerdasan Visual Spatial

Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif.

Mau tahu beberapa ide kegiatan mengasyikkan yang bisa dilakukan bersama si Kecil, yang juga sekaligus menstimulasi kecerdasan visual spatialnya?

Memisahkan Manik Berdasarkan Warna

Menyortir Warna

Kegiatan ini bisa mulai diperkenalkan sejak usia anak 3 tahun. Baik sekali untuk mengenalkan warna, koordinasi mata dengan tangan, melatih konsentrasi dan kesabaran, dan juga motorik halus anak. Mengasyikkan lho permainan menyortir beads berdasarkan warnanya. Kegiatan menyortir yang lainnya dapat juga melalui permainan mengasyikkan berkirim surat via pos.

Mengenal Isi Kota dan Alat Transportasi

Belajar Tata Ruang Kota

Kalau traveling kan harus cermat dalam menghitung kebutuhan biayanya ya. Nah, kalau kegiatan ini, kita serasa sedang traveling, tapi cukup di meja saja, hehehe. Bahannya hanya miniatur kota dan alat transportasinya. Anak bisa belajar tentang apa saja isi kota dan alat transportasi yang ada.

Bermain Sensory Bin Dinosaurus

Belajar Sensory Play

Asyiknya kegiatan ini dari sisi saya sebagai orang tuanya adalah saat menyiapkannya. Harap-harap cemas akankah Diana nanti menyukainya? Karena ternyata tidak semua anak bisa menerima stimulasi sensory ini. Contohnya Diana, saat saya kenalkan dengan tekstur pasta yang kenyal dan lengket, ternyata anaknya masih jijik. Belum lagi kalau lumpur atau benda-benda yang masih asing. Yuk, cek apa saja yang ada di dalam sensory bin untuk Diana kali ini.

Melengkapi Bagian Wajah

Melengkapi Bagian Wajah

Apa saja bagian wajah yang kita miliki dan fungsinya? Permainan melengkapi bagian wajah ini mudah sekali ‘ditakhlukkan‘ oleh Diana. Salah satu hal yang pertama saya ajarkan memang mengenali bagian-bagian tubuh, karena permainan ini bisa dilakukan saat menjelang tidur. Ketika masih bayi dulu sambil menyusui, saya menunjuk bagian-bagian wajahnya dan menyebut apa namanya.

Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk bisa memahami orang lain, termasuk bagaimana perasaan mereka serta hal-hal apa yang memotivasi dan mengganggu mereka.

Main Water Beads Bersama Teman-Teman

Bermain Bersama Teman

Dari gambar di atas, terlihat Diana bermain dengan teman yang berusia 2 tahun di atasnya dan satu teman sebaya. Diana saya lihat bisa bergabung dengan berbagai kelompok teman, baik di atas usianya, sebaya, maupun di bawah usianya. Salah satu yang asyik dilakukan bersama-sama dengan teman-teman sepermainan adalah water beads yang kenyal.

Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan yang dimiliki seseorang untuk dapat memahami dan mengenali diri sendiri.

Mengatur Jadwal Sesuai Papan Kegiatan

Papan Kegiatan Diana

Si Kecil susah makan? Atau susah mandi? Atau susah tidur seperti Diana? Hehehe. Berkat Morinaga MI Play Plan saya jadi udah nggak repot lagi menidurkan tepat waktu. Udah sesuai dengan jadwal yang saya inginkan. Kok bisa? Baca yuk, apa yang bisa kita lakukan.

Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar yang berkaitan dengan pemahaman terhadap lingkungan sekitar kita seperti tanaman, binatang atau benda mati seperti air, batuan atau gejala alam seperti hujan atau panas, atau tentang ruang angkasa.

Ayo Ke Taman Mengenal Tumbuhan

Mengenal Bagian Tumbuhan

Hampir setiap sore Diana diajak ke taman oleh Bapaknya. Satu tempat favoritnya Diana bermain, karena bisa bebas berlari-larian. Di taman Diana suka main ayunan dan perosotan. Banyaknya tanaman di taman, bisa sebagai media saya menjelaskan bagian-bagiannya.

Menjelaskan Siklus Hidup Hewan

Mengenal Siklus Hidup Ayam

Beberapa hewan memiliki siklus hidup yang lebih panjang dan berbeda dari bentuk dewasanya. Mengenalkan siklus hidup hewan pada si Kecil adalah salah satu tonggak penting baginya untuk menyelesaikan suatu masalah kelak, lho.

Membuat Domba Berbulu

Domba hewan yang bulunya halus. Bisa dibuat dari kapas, dan anak seusia Diana pasti bisa melakukannya. Mau tahu serunya membuat domba berbulu? Bisa dibaca di tulisan saya yang ini.

Gimana?

Seru-seru dan asyik nggak permainannya? Serulah ya. Asyik juga kan ya? Alat dan bahannya murah meriah, hanya butuh sedikit kreativitas dan memilih waktu yang tepat buat bermain bersama anak. Kalau mau ide yang lebih lengkap, ya di website Morinaga MI Play Plan langsung yaaa~

Evaluasi Multiple Intelligence

Morinaga Chil-School Untuk Generasi Platinum

Setelah diidentifikasi dan distimulasi kecerdasannya, tahap selanjutnya ini bermanfaat untuk mempertajam kecerdasan lainya yang masih kurang dominan. Di Diana, tentu saja yang paling tidak dominan adalah kecerdasan logika matematikanya. Berhitung satu sampai sepuluh terkadang masih belepotan, meskipun sudah bisa. Tambah-tambahan juga sudah diajari sedikiiit banget. Masih PR besar buat saya di area matematika ini.

Tapi saya nggak pernah khawatir, karena balik lagi seperti yang disebutkan oleh Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), yang penting kekuatan bangunan perisai penyusunnya. Poin pentingnya sinergi antara nutrisi, stimulasi serta peran serta orangtua dalam mengembangkan Generasi Platinum yang Multitalenta. Karena sudah rutin diberikan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ sekarang yang terpenting adalah mamanya memberikan stimulasi terus menerus yang bisa dipelajari di Morinaga MI Play Plan.

Teman-teman punya permainan & cara asyik dalam menstimulasi kecerdasan    majemuk si Kecil? Bagi di kolom komentar, dong!

Tulisan ini sudah 4,371 kali dibaca

30 thoughts on “10+ Ide Asyik Menstimulasi Kecerdasan Majemuk si Kecil dengan Bermain ala Morinaga MI Play Plan

  1. wah keren ya mbak artikelnya,
    saya juga baru punya keponakan umurnya 1 tahun lagi lincah lincahnya, ya baru bisa bernyanyi diakhir suku kata saja. sekarang lagi suka-sukanya meniru apa yang dia lihat dan dengar mbak.

    1. Betuull.. Mana yang masih perlu distimulasi, mana yang udah bagus, jadi ketahuan dengan Morinaga MI Play Plan.

  2. Lengkap banget mba, makasih ide asyiknya. Saya mau nyoba yg travelling hahah lucuuu ituuu. Moga makin cerdas yah Diana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *